Wednesday, 15 May 2024
HomeNasionalSandiaga Uno Bantah Rombongannya Ditilang Polres Bogor

Sandiaga Uno Bantah Rombongannya Ditilang Polres Bogor

BOGOR DAILY- Beredar informasi rombongan Gubernur DKI Anies Baswedan ditilang saat pulang dari acara Tea Walk di Puncak. Wagub memastikan informasi itu tidak benar. “Itu 100% tidak benar. Sudah diberikan klarifikasi,” kata Sandiaga di Masjid Istiqlal, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (22/10/2017).

“Tidak ada satu mobil pun dari rombongan Pak Anies yang ditilang, Pak Anies diarahkan. Tadi saya langsung klarifikasi, diarahkan menggunakan jalur alternatif. Saya pun kejebak macet,” tuturnya.

Menurut Sandiaga, era ini adalah era saat kebenaran menjadi tak terlalu penting ketimbang aspek yang lain bagi pembentukan opini. Tandanya, hoaks menggejala nyata di publik. “Dan ini adalah dunia ‘post-truth' dan ‘post-fake', di mana hoaks mendominasi,” ujar Sandiaga.

Sandiaga mengaku dirinya menggunakan jalur alternatif saat menempuh perjalanan pulang dari Bogor menuju Jakarta. Dia terjebak macet pada perjalanan Sabtu (21/10) kemarin itu.

Namun demikian, Sandiaga memandang kegiatan ‘tea walk' itu justru telah menghidupkan ekonomi di Puncak, Bogor. Informasi ini didapatkannya dari Sekretaris Daerah DKI. Soalnya, 8 ribu hingga 10 ribu Aparatur Sipil Negara (ASN) datang sekaligus dari sehari. “Tempat penginapannya penuh, makanannya juga laku, biasanya bayar WC Rp 5 ribu, kemarin bisa Rp 15 ribu,” kata dia.

Dia mengakui perlu perbaikan dalam hal pengaturan lalu lintas apabila ada lagi acara serupa dalam waktu mendatang. “Tapi dampaknya ya itu macet. Mesti dipikirkan pengaturannya ke depan. Harus ada shuttle bus, harus ada cara untuk memobilitasi aparat Pemprov supaya kendaraan pribadinya tidak memenuhi tempat acara,” ujar Sandiaga.