Friday, 29 March 2024
HomeNasionalTim Audit BPK 'Obok-obok' KPK, Ada Apa?

Tim Audit BPK ‘Obok-obok’ KPK, Ada Apa?

BOGOR DAILY-  Badan Pemeriksa keuangan(BPK) dikabarkan membuat tim audit khusus. Ini dilakukan guna mengobok-obok alias untuk pemeriksaan dengantujuan tertentu (PDTT) terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hal ini diketahui merupakan permintaan pansus angket DPR.

“Benar hari ini Tim BPK telah mengadakan pertemuan awal atau entry meeting dalam rangka pemeriksaan dengan tujuan tertentu di KPK,” ujar Juri Bicara BPK Yudi Ramdan Budiman saat dikonfirmasi, Rabu (4/10).

Kendati demikian, dia tidak mengetahui secara rinci apa saja yang akan diperiksa BPK terhadap KPK. “Saya belum memiliki informasi lebih jauh lagi,” tukas Yudi.

Sementara itu, Ketua KPK Agus Rahardjo tak mempersoalkan jika BPK ingin melakukan pemeriksaan terhadap institusinya. “Kami mempersilakan,” ucap dia.

Diketahui, beredar surat berkop BPK untuk PDTT. Dalam surat itu, pemeriksaan akan dilakukan terhadap empat hal.

Pertama, pelaksanaan pencegahan, penindakan, koordinasi, supervisi, dan monitoring terhadap penanganan tindak pidana korupsi.

Kedua, manajemen sumber daya manusia. Ketiga, manajemen sistem informasi dan data. Keempat, manajemen barang sitaan dan barang rampasan negara.

Itu semua menyangkut aspek operasional dan keuangan untuk tahun anggaran dari 2010 sampai dengan 2017 pada KPK. Adapun PDTT yang diketuai Adi Kurniadi dilakukan dengan jangka waktu 50 hari.