Friday, 29 March 2024
HomeBeritaHeboh! Seminar Cara Cepat Dapat Istri 4 dengan Modal Rp5 Juta

Heboh! Seminar Cara Cepat Dapat Istri 4 dengan Modal Rp5 Juta

BOGOR DAILY- Seminar ‘Cara Cepat Dapat 4 Istri' yang akan diselenggarakan Dauroh Indonesia (DPI) disorot oleh sejumlah pihak. Seperti diketahui, sesuai dengan pamflet yang tersebar di media sosial diketahui kalau acara bertajuk “Cara Cepat Dapat Istri 4” yang digagas Daurah Indonesia mematok 20 peserta dengan tarif tiket yang dibanderol Rp3,5 juta untuk yang membookingnya mulai 20 November-01 Desember 2017. Sedangkan, untuk pendaftaran on the post dikenakan biaya Rp 5.000.000. Namun, hal ini tidka berlaku untuk peserta wanita yang justru dibuka tanpa batas dan biaya pendaftaran.

Di media sosial, acara ini pun dipertanyakan sejumlah warganet yang justru menganggapnya seperti perdagangan manusia. Apakah ini semacam perdagangan manusia?”tanya @habibthink

“Aku yang gak paham agama apa gimana sih? Ga ngerti sama dauroh gitu.. Gimana ya.. Kok jatohnya kayak mau menghalalkan nafsu,”kata @rinakhoridah

“Dauroh yg lagi santer dg tiket 3,5 jt, yg diselenggarakan aplikasi dan situs ayopoligami itu kayaknya kapitalisasi deh,”tulis @ummishafa

Sementara itu, menjawab tanggapan miring Direktur Eksekutif Dauroh Indonesia Vicky Abu Syamil pun membeberkan soal acaranyanya. “Justru kami satu-satunya lembaga yang ingin mengedukasi soal pernikahan dengan baik dan proporsional serta ingin menghati-menghatikan kepada siapapun bahwa adalah sesuatu yang penting yang tidak semua orang bisa melakukannya,” kata Vicky

Dalam seminar yang akan digelar padaa 3 Desember nanti, para peserta dikenai biaya — yang disebut sebagai biaya investasi — sebesar Rp 3,5 juta. Terkait dengan biaya ini, Vicky mengatakan dana itu digunakan untuk kepentingan operasional dan dakwah.

“Terkait dengan biaya, tentu ke depan kita harapkan DPI bisa lebih profesional dengan memiliki fasilitas infrastruktur dakwah yang baik dan semua harus dikelola dengan biaya yang tidak sedikit dan semua biaya selain untuk operasional acara juga kami gunakan untuk berlangsungnya program pembinaan dan dakwah yang dibawa oleh DPI,” kata Vicky.

Vicky mengatakan dalam setiap seminar maupun acara yang diselenggarakan oleh DPI, tidak ada satu poin pun yang mengarah ke perdagangan manusia. Dia menyatakan acara tersebut murni edukasi dakwah.

“Tidak ada satupun sesi acara kami yang mengarah kepada human trafficking, ini murni edukasi dakwah yang mengkhususkan diri pada pernikahan dan . Hanya kami, yang fokus menjalani dakwah ini agar ilmu dan dakwah sampai kepada kaum muslimin dalam menghati-hatikan diri terkait dengan praktik agar setiap peserta tahu batasan dan rambu-rambunya secara spesifik sehingga kami buat kelas khusus bukan malah menjadikan sebagai promosi dan bola liar yang siapa saja boleh melakukannya. Kami lembaga edukasi bukan biro jodoh, jauh sekali dengan apa yang dibawa oleh lembaga yang kemarin dipidanakan,” kata Vicky.

Vicky lantas memberikan sejumlah link youtube mengenai acara yang pernah mereka gelar sebelumnya.

Acara seminar ‘Capa Cepat Dapat 4 Istri' tersebut dikritik oleh MUI, Kemenag dan Komnas Perempuan. MUI dan Kemenag menyatakan poligami merupakan hal penuh syarat yang tak boleh dikampanyekan. Sedangkan Komnas Perempuan menyoroti kewajiban peserta membayar uang investasi di acara tersebut.