Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaSwedia Tekuk Italia 1-0

Swedia Tekuk Italia 1-0

BOGOR DAILY-Swedia mengancam peluang Italia lolos ke putaran final Piala Dunia 2018. Di leg pertama babak play-off, Swedia menaklukkan Gli Azzurri dengan skor tipis 1-0.

Pada pertandingan di Friends Arena, Stockholm, Sabtu (11/11/2017) dinihari WIB, satu-satunya gol Swedia dicetak oleh Jakob Johansson pada menit ke-61.

Hasil ini menjadi modal Swedia untuk menjalani leg kedua di San Siro, Milan, pada Senin (13/11/2017). Sementara itu, Italia harus menang dengan selisih minimal dua gol di leg kedua untuk membalikkan keadaan.

Italia memainkan formasi 3-5-2 pada pertandingan ini. Andrea Belotti yang tak sepenuhnya fit menjadi starter di lini depan bersama Ciro Immobile.

Belotti mendapatkan peluang emas untuk membawa Italia unggul di menit keenam. Namun, sundulannya meneruskan umpan silang Matteo Darmian masih melenceng.

Tak berselang lama, Swedia merespons melalui aksi Ola Toivonen. Akan tetapi, sepakan jarak jauh Toivonen tak menemui sasaran.

Di menit ke-38, sebuah kesalahan Giorgio Chiellini membuat Italia nyaris kemasukan. Beruntung buat tim tamu, Gianluigi Buffon masih bisa menggagalkan tembakan Marcus Berg.

Italia punya kans di awal babak kedua melalui Antonio Candreva. Tembakan jarak jauh Candreva tepat sasaran, tapi ditepis oleh kiper Swedia, Robin Olsen. Pada menit ke-55, Olsen menyelamatkan gawangnya dari ancaman Marco Parolo.

Kebuntuan akhirnya terpecahkan di menit ke-61. Johansson, yang masuk sebagai pemain pengganti. Berawal dari sebuah lemparan ke dalam, tembakan Johansson mengecoh Buffon karena arah bola yang berubah seusai mengenai kaki Daniele De Rossi.

Italia nyaris menyamakan skor saat laga berjalan 71 menit. Tapi, sepakan jarak jauh Darmian cuma mengenai tiang gawang.

Di sisa waktu, tak ada peluang bersih yang tercipta. Italia harus pulang membawa kekalahan.

Susunan Pemain
Swedia: R Olsen; Krafth (Svensson 83), Granqvist, Lindelof, Augustinsson; Claesson, Ekdal (Johansson 57), Larsson, Forsberg; Berg (Thelin 74), Toivonen

Italia: Buffon; Barzagli, Bonucci, Chiellini; Candreva, Parolo, De Rossi, Verratti (Insigne 76), Darmian; Immobile, Belotti (Eder 65)