Monday, 29 April 2024
HomeKota BogorBima Arya Pilih Dedie A Rachim, Usmar Hariman Terbuang

Bima Arya Pilih Dedie A Rachim, Usmar Hariman Terbuang

BOGOR DAILY- Tidak ada musuh ataupun kawan abadi, melainkan kepentingan semata. Istilah ini terbukti jelang pemilihan kepala daerah (pilkada) Bogor 2018. Duet dan resmi bubar setelah orang nomor satu di Kota Bogor itu mengumumkan calon pendampingnya berinisal D yang disebut sebut merupakan pejabat KPK bernama lengkap Dedie A Rachim. dari kalangan nonpartai. Kemesraan pasangan yang terkenal dengan jargon BISA saat di pilkada 2013 lalu itu tinggal kenangan, dan kini telah terbuang.

Kekompakan Bima-Usmar kini luntur sudah. memilih berpaling ke figur lain ketimbang memilih Usmar yang selama empat tahun telah kerja bareng membangun Kota Bogor.

Padahal jika menengok ke belakang, terpilihnya tidak lepas dari peran lima partai meliputi PAN, Partai Demokrat, PKB, PBB dan Gerindra.

Dengan koalisi Pandawa yang saat itu dibentuk, pasangan Bima-Usmar sanggup menyalip pasangan petahana Ahmad Rukyat-Aim Halim Hermana dengan perolehan suara 132.835 suara sah.

Namun di pilkada 2018, Bima justru memilih figur dari non­partai, hingga membuat sejum­lah partai koalisi Pandawa mun­dur perlahan. “Saya akan maju di pilwalkot dengan laki-laki berinisial D,” kata Bima yang juga Wakil Ketua Umum PAN.

Menurutnya, keputusan men­cari pendamping ini ia lakukan berbeda pada saat pilwalkot Bogor 2013. Jika dulu ia tidak mempersoalkan sosok wakil­nya karena targetnya adalah menang di Kota Bogor.

Namun saat ini ia lebih me­mikirkan bagaimana kondisi politik di Kota Bogor itu tetap stabil dan nyaman. “Itu paling utama. Bukan hasil elektabilitas atau survei yang dilakukan, me­lainkan kepuasan warga. Apa­lagi pilkada serentak ini jadi ukuran keberhasilan atau bara­moter politik nasional,” ucapnya.

Bima juga mengaku tidak mau koalisi yang terbangun mem­berikan bekas mendalam bagi warga Kota Bogor seper­ti yang terjadi di pilkada DKI. Sehingga, ia berikhtiar koalisi yang terbangun nanti dan si­tuasi politik yang terjadi tetap maslahat dan tidak membelah masyarakat Kota Bogor.

“Bogor itu dari tahun ke tahun tidak pernah ada persoalan. Sehingga saya harus hati-hati, khususnya dalam memilih pa­sangan dan koalisi. Itu jadi per­hitungan yang utama,” akunya.

Bapak dua anak ini menutur­kan, untuk kans teman koalisi di pilwalkot Bogor 2018 masih memungkinkan terjadi dengan Partai Demokrat Kota Bogor meski calon yang diusung bukan . Sedangkan dengan konstelasi yang terjadi di Jawa Barat (PKS-Gerindra-PAN), ada unsur yang sama dan mungkin ada yang tidak sama. “Insya Allah Demokrat masih bersama-sama. Kalau dengan Gerindra-PKS belum tentu, artinya ada yang mungkin dan ada yang tidak. Itu nantilah,” imbuhnya.

Disinggung mengenai penja­ringan yang dilakukan PAN Kota Bogor, Bima menjabarkan bahwa mekanisme itu ditam­pung dan disampaikan ke DPP. Kemudian DPP memberikan arahan dan pihaknya pun me­nyesuaikan. “Namun politik itu dinamis, barangkali yang sudah mendaftar ke PAN itu sudah melakukan deklarasi duluan. Sehingga, hal itu juga harus dibaca oleh DPP. Intinya semua partai ditentukan oleh DPP. Jadi kita sesuai rekom saja,” ujarnya.

Menanggapi hal itu, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Bogor mengelak untuk mengomen­tari hal tersebut. Sebab, men­urutnya, ia belum mengetahui pasti siapa yang akan men­dampingi Bima di pilwalkot Bogor 2018. “Itu kan belum jelas, inisial D. Bisa siapa saja. Bisa Den Bagus, Den Somad, Den Acu. Kalau sudah jelas, baru akan bersikap,” kata Usmar.

Disinggung jika partainya yang diambil kendaraannya tanpa mengusung kader, lagi-lagi usmar menolak menjawab. “Gimana lagi atuh. Tanya saja ke akar rumput,” ucapnya.

Namun, Usmar menamba­hkan, seseorang tidak boleh mempermainkan orang lain. Sebab, sakit hati seseorang itu doa dan apa pun bisa dikabul. Tidak terkecuali di dunia po­litik. “Kita nggak pernah tahu apa yang akan terjadi setelah kita kedip mata sekali pun,” ingat Usmar.

Terpisah, Pengamat Kebija­kan Publik, Sosial dan Politik dari Universitas STKIP Muha­madiyah, Yus Fitriadi, menilai kerenggangan antara politisi Demokrat dan PAN ini terjadi karena ambisi keduanya yang menggebu.

Dia pun memastikan bahwa hubungan antara Bima dengan Usmar akan terus bersitegang karena orientasi politik masing-masing. “Karakteristiknya seperti itu. Kecuali Usmar sangat sadar betul bahwa sejak awal terpilihnya akan bersama Bima lagi. Tapi kalau sejak awal Usmar sudah menyatakan akan maju, secara psikologis kan tidak mungkin kemudian de­kat,” terangnya.

Di sisi lain, Yus menilai kereng­gangan antata Bima dengan Usmar seharusnya tidak terjadi. Sebab, keduanya masih memi­liki tanggung jawab untuk menuntaskan tugas-tugasnya.

“Ketika ketidakmesraan ini ditampilkan, tentu adalah pe­rilaku yang tidak profesional, karena memang mereka belum tuntas kepemimpinannya. Masih banyak program prio­ritas yang belum selesai,” pung­kasnya.