Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorNurhayanti Bakal Lelang Jabatan 6 Kadis dan Satu Dirut RSUD

Nurhayanti Bakal Lelang Jabatan 6 Kadis dan Satu Dirut RSUD

BOGOR DAILY- Sebanyak 500 pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan pemerintahan kabupaten (Pemkab) Bogor bakal pensiun. Termasuk, sembilan pejabat eselon II atau setingkat kepala dinas (kadis). Rencananya, BKPP Kabupaten Bogor bakal membuka khusus jabatan tersebut.

Kepala BKPP Kabupaten Bogor Dadang Irfan mengatakan, sembilan pejabat eselon yang bakal pensiun di antaranya 6 kepala dinas, dan satu Dirut RSUD Cibinong serta dua asisten Admintrasi Pemkab Bogor. Untuk itu, Nurhayanti bakal membuka untuk mengisi posisi tersebut.

Sesuai peraturan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengingat 2018 mendatang akan dilakukan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak, maka tidak boleh ada rotasi maupun mutasi kecuali atas izin dari Kemendagri.

“Nah, makanya Maret ini kita akan lakukan open biding untuk pejabat eselon II,”kata Dadang.
Dadang mengungkapkan, pihaknya segera mengirimkan surat persetujuan ke Kemendagri untuk melaksanakan pengisian jabatan pimpinan SKPD. Mengingat, posisinya yang penting sebagai pengguna anggaran.

“Karena bulan maret sudah ada Kadis yang pensiun, secepatnya dilakukan open bidding agar tidak terjadi kekosongan jabatan yang bisa merugikan masyarakat,”katanya.

Selain enam Kepala Dinas yang pensiun, kekhawatiran kurangnya guru muncul karena dari 500-an orang tersebut, sekitar 300 di antaranya merupakan PNS yang berstatus tenaga pengajar. Sedangkan 200 sisanya adalah staf administrasi dan tenaga medis.

“Pada awal 2018 nanti, ada sekitar 250 PNS lagi yang pensiun. Ini yang membuat kami bingung, karena saat guru-guru ini pensiun, sampai sekarang kan belum ada pengangkatan PNS lagi,”ungkapnya.

Dadang memaparkan, sebenarnya bisa diatasi dengan pengangkatan tenaga pengajar honorer dengan status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K). Namun hal itu pun masih harus menunggu terbitnya Peraturan Pemerintah yang kini masih dalam proses. Sementara untuk pengangkatan para guru honor menjadi aparatur sipil negara atau PNS, sudah tidak bisa lagi dilakukan pemerintah setingkat kabupaten/kota.

“Yang paling penting utama itu tenaga pengajar dan tenaga medis, keberadaannya sangat dibutuhkan karen menyangkut pelayanan langsung terhadap masyarakat. Kalau tenaga administrasi, kami masih bisa atur sedemikian rupa lah walaupun banyak yang pensiun,” tukanya.

Ini Daftar Pejabat yang bakal Diganti:

Eselon II yang akan pensiun di antaranya
1.Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Epi Rupali,
2.Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koesparmanto,
3.Kepala Dinas Pemberdayaan Perem­puan, Perlindungan Anak,
4.Peng­endalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB), Emmy Pernawati.
5.Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Roy E Khaerudin,
6.Ke­pala Dinas Perhubungan (Dis­hub) Eddy Wardhani,
7.Dirut RSUD Cibinong Camalia Wilayat Sumaryana,
8. Asisten Administrasi Pemkab Bogor Ati Guniarwaty, dan staf ahli Ridwan Syamsud