Thursday, 18 April 2024
HomeKabupaten BogorAntam Siapkan Wisata Tambang Emas di Bogor

Antam Siapkan Wisata Tambang Emas di Bogor

BOGOR DAILY-PT Tbk Unit Bisnis Pertambangan Emas (UBPE) Pongkor menyiapkan konsep wisata edukasi khususnya di bidang pertambangan emas di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Vice Presiden Human Capital,CSR dan Finance UBPE Pongkor Kresna Handayani mengatakan sebelum memasuki pascatambang khususnya pertambangan emas milik di Pongkor, pihaknya sudah menyiapkan langkah-langkah dalam mengembangkan daerah itu menjadi salah satu daerah wisata edukasi.

“Sebelum memasuki pascatambang kita sudah menyiapkan beberapa konsep wisata edukasi agronomi,geologi dan edukasi tourism,” katanya Sabtu (17/3) seperti dilansir Antara.

Namun kata Kresna, sebelum memasuki masa usia tambang pihak akan melakukan pemulihan wilayah sebelum dilakukan penutupan areal di Pongkor.

Kresna juga menjelaskan salah satu konsep wisata edukasi yang akan dibuat adalah mendirikan musium bawah tanah dengan bekerja sama balai penelitian pertambangan bawah tanah ESDM.

“Musium tambang bawah tanah ini adalah yang pertama di Pulau Jawa,” ungkap Kresna.

Selain itu kata dia wisata lainnya yang akan dipersiapkan khususnya di daerah Pongkor adalah mengembangkan objek wisata buah karena kondisi wilayah dan masyarakatnya di bidang pertanian.

Salah satu wilayah yang akan dikembangkan itu lanjut Kresna adalah di Cikaret karena kultur daerah pegunungan dan masuk dalam konsesi areal pertambangan emas Pongkor.

“Di Cikaret kita sudah membuat beberapa titik lokasi wisata yang hingga kini masih dalam proses pengerjaan dan penanaman beberapa tanaman buah,” ungkapnya