Friday, 19 April 2024
HomeKota BogorTenang, Warga Sudah Boleh Solat Id di KRB

Tenang, Warga Sudah Boleh Solat Id di KRB

BOGOR DAILY- Manajemen Pusat Konservasi Tumbuhan (PKT) Kebun Raya Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) atau dikenal sebagai Kebun Raya Bogor tetap menyelengarakan Salat Idul Fitri 1 Syawal 1439 H di lapangan Kebun Raya Bogor.

Bagi masyarakat Kota Bogor di sekitar kawasan Kebun Raya Bogor dipersilakan untuk mengikuti kegiatan salat tersebut dengan baik dan tertib.Keputusan untuk tetap menyelenggarakan Salat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor berdasarkan pertimbangan banyaknya permintaan masyarakat luas. Keputusan ini sekaligus mengklarifikasi informasi yang beredar sebelumnya bahwa pihak Kebun Raya Bogor meniadakan penyelenggaraan Salat Idul Fitri.

Kepala PKT Kebun Raya LIPI, Didik Widyatmoko, mengimbau agar pelaksanaan Salat Idul Fitri nanti dilakukan dengan tertib, baik, dan tetap menjaga kebersihan.

“Berdasarkan evaluasi penyelenggaraan Salat Idul Fitri dan Idul Adha pada tahun-tahun sebelumnya di Kebun Raya Bogor, maka penyelengaraan tahun ini mengatur agar parkir segala jenis kendaraan bermotor dan sepeda tidak diperkenankan memasuki kawasan Kebun Raya Bogor,” katanya.

Pertimbangan terhadap pengaturan tersebut berdasarkan pada pelaksanaan Salat Idul Fitri pada tahun-tahun sebelumnya. Setiap pelaksanan Salat Idul Fitri maupun Idul Adha selalu terjadi kemacetan jalan raya. Lalu, terjadi pula penumpukan kendaraan dan jamaah di pintu masuk Kebun Raya Bogor. “Hal lainnya adalah keterbatasan kapasitas parkir kendaraan di kawasan Kebun Raya Bogor,” sambung Didik.

Oleh karena itu, Didik pun mengimbau agar para jamaah yang akan melaksanakan Salat Idul Fitri di Kebun Raya Bogor untuk mencari tempat parkir di luar Kebun Raya Bogor.
“Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas pengaturan ini,” tutup Didik.