5 Cara Tak Terduga untuk Mengusir Nyamuk Tanpa Pakai Bahan Kimia

Sering diserbu gigitan nyamuk setiap malam? Gigitan nyamuk tentunya bisa membuat tidur Anda jadi tak nyaman. Belum lagi rasa gatal dan sakit yang ditimbulkan, dan sering kali meninggalkan bekas bentol serta merah-merah.

Selain memakai obat atau semprotan pengusir nyamuk, ada beberapa cara alami yang bisa membuat nyamuk ogah menggigit dan menghisap darah Anda. Intip tips menghindari gigitan nyamuk, seperti dikutip dari Aol.

1. Pakai Baju Warna Terang

Foto: Thinkstock

Pakailah baju berwarna terang untuk tidur. Nyamuk cenderung lebih tertarik dengan warna-warna gelap saat berburu makanan. Sementara warna terang akan membuat Anda jadi tak terlalu ‘menggoda’ bagi nyamuk. Dikatakan bahwa nyamuk akan mencari warna yang kontras dengan garis cakrawala atau langit yang cenderung biru.

2. Aroma Lavender

Foto: Baban Gandapurnama

Aroma lavender dipercaya sejak dulu bisa membuat nyamuk maupun lalat tidak betah. Bunga berwarna ungu ini bisa menyamarkan aroma tubuh Anda dengan aroma floral yang kuat.

Anda bisa menuangkan beberapa tetes minyak esensial lavender pada seprai dan bantal, dijadikan pengharum ruangan atau oleskan sedikit minyak lavender pada pergelangan tangan dan belakang telinga. Memakai minyak esensial akan lebih aman dan ramah lingkungan ketimbang menyemprotkan obat nyamuk.

3. Makan Bawang Putih

Foto: thinkstock

Makan bawang putih memang bukan pilihan ideal jika Anda ingin menjaga aroma mulut dan tubuh dari aroma tak sedap. Tapi tak ada salahnya mencoba makan bawang putih beberapa saat sebelum tidur.

Minyak yang terdapat dalam bawang putih akan dilepaskan melalui pori-pori setelah memakannya. Aroma minyak bawang putih berfungsi sebagai ‘tameng’ antara aroma kulit tubuh dan nyamuk, sehingga membingungkan mereka. Tapi jangan lupa sikat gigi setelah makan bawang putih, ya!

4. Nyalakan Kipas Angin

Foto: ilustrasi/thinkstock

Nyamuk tidak suka udara yang bergerak, yakni angin. Bahkan angin yang hanya bertiup sepoi-sepoi cukup efektif mengusir nyamuk, karena membuatnya kesulitan terbang.

Anda bisa mencoba menyalakan kipas angin saat tidur. Setel kepala kipas angin agar berputar ke segala arah agar angin bisa bertiup merata ke seluruh ruangan, terutama area bawah, seperti lantai.

5. Minyak Serai

Foto: iStock

Minyak serai juga termasuk bahan yang cukup populer sebagai penolak nyamuk karena aroma mirip lemon dan eucalyptus yang cukup kuat. Anda bisa memakai minyak serai sebagai olesan di kulit, atau menaruhnya di wadah khusus sebagai penyegar ruangan alami.

Perlu diingat meskipun sebagian besar bahan berasal dari tanaman, minyak esensial bisa menimbulkan efek iritasi jika digunakan dalam terlalu banyak dan dengan konsentrasi tinggi. Minyak esensial sebaiknya tidak digunakan sendiri langsung ke kulit tapi perlu dicampurkan dengan bahan lain misalnya lotion atau air.