Air Bersih Langsung Mengalir Ke Rumah Warga

  • Whatsapp

Bogor Daily – Pemerintah Desa (Pem­des) Pasirbuncir, Kecamatan Caringin, memasang pipa sepanjang empat kilo­meter. Peletakan batu pertama dimu­lainya pembangunan dilakukan Ke­pala Desa (Kades) Pasirbuncir Komaru­din Jaelani di lokasi mata air Cibongkleng.

Menurut Komar, pemasangan ini un­tuk 1.800 sambungan yang akan men­galiri lima wilayah RW. Di antaranya RW 01, 02, 03, 04 dan RW 05. Pemasangan pipanya menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2018 tahap kedua.

”Target kami satu minggu selesai, namun sementara ini akan mengaliri tiga RW terlebih dulu. Selanjutnya baru dua RW akan kami aliri lagi. Skala prioritas dana desa tahun ini kami fokuskan ke pipa­nisasi dengan 600 paralon ukuran 4 cm dari pusat titik mata air. Lalu untuk ke rumah warga kami gunakan pipa uku­ran lebih kecil agar airnya kencang mengalir,” ujarnya.

Kendala yang dihadapi dalam pema­sangan pipa adalah jarak dari titik kum­pul bahan material yang akan dibawa ke pusat pembangunan berjarak lebih dari empat kilometer. Namun itu buk­anlah halangan demi kesejahteraan masyarakat. “Jarak yang cukup jauh dan menanjak jadi tantangan sendiri bagi pemerintah desa dan warga. Tapi ka­rena kemauan kuat, Insya Allah pema­sangan pipanisasi berjalan lancar. Se­moga masyarakat Pasirbuncir tak lagi kekurangan air ketika kemarau panjang,” katanya.

Salah satu warga, Didah (43), menga­takan, pemasangan pipanisasi ini sudah diajukan sejak lama. “Saya bersyukur pemasangan pipa untuk air bersih bagi warga akhirnya terealisasi, sehingga warga tak perlu khawatir lagi kesulitan air karena air langsung mengalir ke ru­mah warga,” tuntasnya.

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *