Friday, 26 April 2024
HomeBeritaAngka Pengangguran di Kota Bogor Alami Penurunan

Angka Pengangguran di Kota Bogor Alami Penurunan

BDN – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor Samson Purba menyatakan, angka pengangguran terbuka di Kota Bogor mengalami penurunan. Menurut dia, penurunan itu berdasarkan hasil survei angkatan kerja nasional (sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS) serta Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).

“Pada 2015 angka pengangguran di Kota Bogor berjumlah 49.942 jiwa (11,08 %). Tahun 2017 turun menjadi 47.438 jiwa (9,57 %),” ungkap Samson di sela Bursa Kerja Expo 2018 di Mall BTM Bogor, Kamis (9/8/2018).

Ia menjelaskan, data pencari kerja yang tercatat di Disnakertrans Kota Bogor sebanyak 3.907 orang dan sebanyak 2.669 orang berhasil ditempatkan. “Dan tahun ini, sampai dengan Juli 2018 data yang tercatat sebanyak 2.545 pencari kerja,” katanya

Penurunan angka pengangguran Kota Bogor pada 2017 menurut Samson Purba dipengaruhi beberapa faktor, diantaranya pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor yang membaik sebagai kota lintas daerah dan kota penyangga ibu kota negara. “Selain itu ada juga kenaikan jumlah tenaga kerja terutama di sektor jasa kemasyarakatan, sektor perdagangan dan sektor transportasi serta sektor komunikasi. Perdagangan dan jasa kemasyarakatan menjadi sektor penopang banyaknya yang menyerap tenaga kerja di Kota Bogor yang merupakan kota jasa,” jelas Samson.

Para pencari kerja, kata Samson, dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan, produktivitas dan daya saing. “Ke depan diprediksi beberapa sektor yang masih bisa bertahan dan menyerap tenaga kerja adalah sektor jasa dan sektor perdagangan melalui industri kecil dan menengah akan lebih dimaksimalkan,” pungkasnya. (rabas/adit/dea/restu/pri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here