ASIAN GAMES 2018 PAKANSARI SEPI

Bogor Daily – Kekalahan Tim Nasional Indonesia atas Uni Emirat Arab melalui drama adu penalti di babak 16 besar pada cabang olahraga sepak bola Asian Games 2018 Jakarta-Palembang beberapa waktu lalu, rupanya memberi dampak tersendiri bagi menurunnya animo pecinta sepak bola Tanah Air.

HAL tersebut ditandai dengan jum­lah penonton di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, yang terpilih menjadi venue sepak bola untuk fase penyisihan Grup B semi­final hingga final. Minimnya animo masyarakat untuk menyaksikan laga semifinal dan final rupanya ti­dak terlepas dari gagalnya Merah Putih berlaga di stadion kebang­gaan warga Bumi Tegar Beriman tersebut.

Salah seorang pengunjung yang sengaja mampir di seputaran Kompleks Stadion Pakansari, Asep Saefudin (27), mengaku sama sekali tidak tertarik menyaksikan laga semifinal antara Vietnam dengan Korea Selatan yang berlangsung kemarin sore. ”Bukan Indonesia yang bermain, jadi malas nontonnya,” ungkap pria yang sedang asyik menikmati jajanan di seputaran Pakansari.

Sementara salah seorang petugas tiket pertandingan yang enggan di­sebutkan namanya membenarkan bahwa animo masyarakat, khususnya warga Kabupaten Bogor, sangat mi­nim. Pihaknya mengaku tidak bisa memastikan mengapa hal tersebut bisa terjadi. ”Kebanyakan yang non­ton supporter dari negaranya masing-masing. Kalau warga kita paling hanya beberapa,” tuturnya kepada Metropolitan.

Ia menjelaskan, pada fase penyi­sihan grup merupakan titik paling sepi yang pernah tercatat selama pertandingan pada cabang olah­raga sepak bola. Sekitar 200 hing­ga 350 tiket merupakan angka rata-rata penjualan dalam satu hari. ”Segini lumayan ramai. Pun­cak sepinya itu pas fase penyisi­han grup. Kayaknya kalau Indo­nesia main nggak akan seperti ini,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pemuda dan Olah­raga (Sarpras Dispora) Kabupaten Bogor Rudy Achdiyat menjelaskan, Stadion Pakansari memiliki kapasitas penonton dengan daya tampung ber­jumlah 30.000 kursi penonton. ”Kalau data yang punya, kapasitasnya sekitar 31.019 penonton,” jelasnya.

Berdasarkan data yang diperoleh Metropolitan, sekitar 5.000 tiket ha­bis terjual pada partai semifinal antara Vietnam kontra Korea Selatan. Hal tersebut tentu hanya sebagian kecil dari jumlah total kapasitas sta­dion yang memiliki daya tampung sekitar 30.000 lebih tersebut. ”Kalau tiket online terjual sekitar 4.000 tiket, kalau yang beli manual sekitar 1.000,” tutupnya.

Bagaimana Komentar Kamu?