Limbah PT FOTS Racuni Warga

  • Whatsapp

Bogor Daily – Pembuangan air limbah yang diduga dilakukan PT Fresh On Time Seafood di Desa Kembangkuning, Kecamatan Klapanunggal, membuat masyarakat semakin resah. Terlebih, pembuangan limbah air dari kaleng bekas cuci ikan ini baunya begitu amis. Bahkan, pekan lalu masyarakat sempat melakukan aksi unjuk rasa dilokasi pabrik, karena telah mencemari sungai Cileungsi.

Diduga, limbah pencucian ikan kemasan kaleng ini mengalir ke Sungai Cileungsi, melalui saluran air yang langsung ke Sungai Cileungsi.

Menurut salah seorang pedagang yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan,  saluran air dari pabrik ikan kemasan ini setiap harinya menyebar aroma yang tidak bau busuk. Bahkan, ikan yang ada disungai pun ikut mati karena tak kuat dengan cairan limbahnya.

“Untung saya menggunakan air sumur untuk keperluan sehari-hari, karena air sungai sudah tak bisa digunakan lagi,” kata dia saat ditemui Metropolitan, kemarin.

Menangapi hal ini, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor melalui Kasi Pengaduan Riri membenarkan keluhan masyarakat. Terlebih, dugaan air limbah pabrik dari pencucian ikan kemasan kaleng itu sudah mencemari Sungai Cileungsi.

“Pada 2015 ada pengaduan dari LSM dengan hal yang sama, kamipun datang kelokasi pabrik tapi tidak bisa tembus. Kami pun langsung melayangkan via email, dan belum ada respon,” singkatnya.

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *