Wednesday, 17 April 2024
HomeBeritaLintah Darat Ditolak Warga Mekarsari

Lintah Darat Ditolak Warga Mekarsari

BDN – Ada yang berbeda di Kampung Mekarsari, Desa Mekarsari, Kecamatan Rancabungur, Kabupaten Bogor. Di jalan masuk ke Kampung Mekarsari, terbentangkan spanduk bertuliskan penolakan rentenir atau lintah darat. Spanduk ini di dirikan warga sebagai bentuk atau bukti perlawanan terhadap praktik rentenir.

Seperti yang disampaikan warga Kampung Mekarsari, Dayat Dadan (45). Ia sangat mendukung adanya penolakan bank keliling beroperasi di kampung halamannya. Sebab, praktik bank keliling selama ini bukan solusi permodalan bagi masyarakat kecil. Uang belum dipakai, besoknya sudah ditagih, hal itu malah merugikan bagi peminjam. “Praktik rentenir bank keliling ini sebenarnya sudah berjalan lama, bahkan sudah menjamur di setiap pelosok desa,” katanya.

Hal senada diungkapkan warga lainnya Wahyu Hidayat (50). Ia mengungkapkan, warga banyak yang mengeluh, meminjam uang di bank keliling bukan mempermudah masalah tetapi tambah masalah. “Saya mendukung adanya penolakan tersebut. Dalam agama Islam juga kan tidak boleh meminjam uang ke rentenir, hukumnya riba,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here