Friday, 26 April 2024
HomeBeritaPasar Gobang Butuh Polesan

Pasar Gobang Butuh Polesan

BDN – Pasar Rakyat Gobang di Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor, sudah 24 tahun berdiri. Namun pasar yang menjadi primadona bagi delapan desa ini nasibnya mulai tak terawat. Pemerintah desa (pemdes) pun mulai mendorong Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor merenovasi pasar yang buka hanya pada Rabu dan Sabtu ini. Seperti yang disampaikan Kepala Desa (Kades) Gobang, Madharun. Ia menceritakan pada 1994 pasar ini pernah mendapat bantuan Provinsi Jawa Barat sebesar Rp750 juta dan akan dibangun kios dan lapak arah selatan.

Seiring berjalannya waktu, bangunan tersebut mulai rusak dan sampai saat ini belum mendapatkan bantuan pemkab. ”Saya akan mengajukan ke Dinas Perdagangan Kabupaten Bogor, mudah-mudahan diterima. Kalau diterima akan kita rehab semua supaya Pasar Gibang lebih nyaman. Untuk pengelolaan bisa masuk BUMdes. Jadi, ada kontribusi ke desa atau APBDes.

Doakan saja pasar ini akan saya perjuangkan,” terangnya. Sementara itu, penjual sembako di Pasar Gobang, Cahyadi, mengatakan, keberadaan Pasar Gobang bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Gobang khususnya dan umumnya warga Kecamatan Rumpin. Sebab, penduduk Gobang yang biasa bertani tak harus pusing menjual hasil panen tersebut. ”Hasil tani bisa dijual di pasar ini. Saya berharap pasar ini bisa direhab agar terlihat bersih dan nyaman. Saya percaya pasar ini tak akan sepi. Mengingat beberapa desa mengalami kesulitan dalam perjalanan menuju pasar lain. Sekali lagi, doa pedagang di sini agar pasar bisa dipugar menjadi baik lagi,” tukasnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here