Pemdes Cinagara Genjot Potensi Wisata

BDN – Meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes), Pemerintah Desa (Pem­des) Cinagara, Kecamatan Caringin, Ka­bupaten Bogor, menggelar sosialisasi pembentukan dan peningkatan kapasitas manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Plt Kepala Desa (Kades) Cinagara, Mo­mo, mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan perubahan signifikan bagi PADes sekaligus dampak kesejahte­raan bagi warga Cinagara. ”Sosialisasi ini sebagai bentuk dari pemberdayaan ter­hadap masyarakat. Sebab, berbagai po­tensi kearifan lokal di Desa Cinagara melalui BUMdes perlu dikelola dan di­kembangkan secara baik,” ujarnya.

Untuk menggali potensi Desa Cinagara, pihaknya telah menganggarkannya dalam rencana Anggaran Pendapatan Belanja Desa (RAPBDes) 2017 yang akan direali­sasikan pada pembangunan Desa Wisata di Curug Cikaracak, Kampung Cibeling.

”Insya Allah, tahun ini kalau tidak ada hambatan kami akan membuka akses jalan ke daerah wisata. Sebagai tindak lanjut, kapasitas pengurus manajemen BUMDes tak boleh dari perangkat desa, tapi harus diserahkan ke masyarakat,” tuturnya.

Senada, seorang Ketua RT, Ujang, me­maparkan, pembentukan dan peng­embangan BUMDes diharapkan mampu menambah PADes Cinagara serta bisa menjadi modal pembentukan desa man­diri. ”Kita akan dukung soal apa yang direncanakan Pemdes Cinagara. Sebab, banyak potensi yang harus digali di desa ini demi kesejahteraan warga Cinagara juga,” imbuhnya.