Friday, 19 April 2024
HomeBeritaProduk UMKM Harus Diperkuat

Produk UMKM Harus Diperkuat

BDN – Salah satu opsi untuk solusi permasalahan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bogor adalah harus dengan membangun platform bersama antara para pelaku UMKM dan pemangku kepentingan dengan membangun sebuah konsorsium secara detail.

Pernyataan itu disampaikan Wali Kota Bogor Bima Arya saat memberikan arahan sekaligus menutup kegiatan rapat koordinasi (rakor) UMKM di SKI Katulampa, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jumat (10/08/2018) yang diadakan Dinas Koperasi dan UMKM Kota Bogor.

“Langkah yang akan direncanakan nantinya harus diperkuat dengan platform-nya dengan dibuat plan action-nya, harus ada ruang yang diberikan kepada UMKM dan harus lebih konkrit lagi,” harap Wali Kota.

Sejalan dengan hal tersebut, dirinya juga menyarankan agar keberadaan sentra oleh-oleh khas Kota Bogor pun perlu mendapatkan perhatian. Sebab, menurutnya, ada fungsi dari tempat itu. Yaitu bisa sebagai tempat produksi dan coaching clinic serta berfungsi sebagai display dan promosi.

“Sehingga dengan begitu wisatawan pun bisa melihat langsung bagaimana cara membatik, misalnya. Melihat proses pengemasan dan sebagainya,” kata Bima.

Selain itu, tambahnya, lokasi sentra oleh-oleh itu pun harus berada di jalan utama dan bukan di pinggiran, seperti saat ini yang berada di Jalan Bina Marga.

Selain diikuti para pelaku UMKM, rakor itu diikuti pula sejumlah pihak perbankan, PHRI, perwakilan sejumlah SKPD dan jajaran Dinas Koperasi dan UMKM. (Dn/Annisa/Risa-Magang/Foto:Adit-SZ)

GALERI FOTO

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here