Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaRatusan Petugas Periksa dan Awasi Post Mortem Hewan Kurban

Ratusan Petugas Periksa dan Awasi Post Mortem Hewan Kurban

BDN – Ratusan petugas dari Dinas Pertanian Kota Bogor bekerjasama dengan Fakultas Kedokteran Hewan Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan pemeriksaan dan pengawasan post mortem terhadap hewan kurban, Rabu (22/8/2018).

Hal ini bertujuan untuk memastikan daging hewan kurban yang baru saja disembelih aman dan layak untuk dikonsumsi masyarakat.

Kepala Bidang Peternakan Dudi Fitri Susandi menjelaskan, kerja sama antara Distani dan IPB ini rutin dilakukan setiap tahun jelang Idul Adha. Untuk pemeriksaan post mortem tahun ini pihaknya menerjunkan 177 dokter hewan dan puluhan personil dari Dinas Pertanian. “Mereka kami sebar ke 68 Kelurahan,” ungkap Dudi yang ikut terjun langsung memeriksa hewan kurban di RW 02 Kelurahan Ciparigi.

Dia menjelaskan, pemeriksaan post mortem dilakukan pada saat pemotongan hewan kurban. Dalam hal ini petugas memeriksa kualitas daging.

“Dikhawatirkan di dalam jeroan hewan tersebut terdapat cacing pita dan sebagainya. Dengan adanya pemeriksaan post mortem ini diharapkan masyarakat yang menerima daging kurban memperoleh daging yang aman dan nyaman untuk dikonsumsi,” jelasnya.

Dia menambahkan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pemotongan hewan kurban. Pertama, sebelum dipotong hewan sebaiknya dipisahkan karena akan berpengaruh terhadap kualitas daging.

Kemudian tempat pemotongan dipastikan harus bersih. Begitu pula tempat penyesetan kulit dan pemotongan karkas harus steril.

“Lalu yang terahir, daging yang akan dibagikan dianjurkan tidak menggunakan kantong plastik hitam, tetapi gunakan kantong plastik yang transparan,” pungkasnya.

Walikota Pantau Lokasi Pemotongan Hewan Kurban di Ciparigi

Usai melaksanakan shalat Idul Adha 1439 Hijriah di  Masjid Raya Bogor (Masjid Agung Al Mi’raj) Jalan Pajajaran, Kota Bogor, Walikota Bogor Bima Arya langsung meninjau pemotongan hewan qurban di Kelurahan Ciparigi, Kecamatan Bogor Utara, Rabu (22/8/2018).

Didampingi Camat Bogor Utara Atep Budiman, Lurah Ciparigi Agus Ateng dan Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian Kota Bogor Dudi Fitri Susandi, Bima tampak berbincang dengan panitia kurban wilayah setempat.

Bahkan di lokasi ini, Bima turut menyerahkan  seekor kambing yang dituntun langsung untuk diserahkan kepada panitia.

Sementara itu, Camat Bogor Utara Atep Budiman mengungkapkan, ada dua lokasi pemotongan yang dikunjungi Walikota Bogor. Selain di Masjid Al Hidayah RW 02, Bima juga meninjau pemotongan hewan kurban di Masjid Al Muttaqin RW 09, Ciparigi.

Di masjid Al Hidayah jumlah hewan kurban yang dipotong 11 ekor kambing. Sedangkan di masjid Al Muttaqin 6 ekor sapi dan 15 ekor kambing termasuk 1 ekor kambing pemberian Walikota Bogor.

“Mudah-mudahan daging hewan kurban yang dipotong hari ini bermanfaat bagi warga khususnya bagi yang tidak mampu,” kata Atep. (Tria/Rabas/Indra/Adit/Pri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here