Usmar Bangga Terhadap Program DK3B

BDN – Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman merasa bangga. Sebab, beberapa program yang telah dirancang Dewan Kesenian dan Kebudayaan Kota Bogor (DK3B) telah sesuai harapan, meskipun dari beberapa aspeknya masih terdapat kekurangan seperti halnya tempat dalam seni teater ini.

Apresiasi itu disampaikan Usmar yang juga Ketua DK3B saat membuka jambore teater di Gedung Kemuning Gading, Komplek Balai Kota Bogor, Sabtu (25/08/2018), yang juga dihadiri Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor Shahlan Rasyidi dan Ketua Harian DK3B Arifin Himawan.

“Meskipun dari target panitia ada 25 peserta, tapi yang ikut hanya 16 peserta. Tapi Alhamdulillah ini lebih dari 50 persen respon pecinta teater. Ini setidaknya menjadi langkah baik untuk teater berkembang pesat di kalangan generasi muda,” ungkap Usmar.

Salah satu wujud dalam berkesenian dan kebudayaan itu, dikatakannya, salah satunya adalah dalam bentuk teater. Seperti perspektif dirinya sebagai yang awam terhadap teater dan hanya dapat menikmatinya.

“Wujudnya itu tadi, bisa bermacam-macam. Dimana dengan seni teater ini orang akan diupayakan berekspresi menggambarkan tentang berbagai kehidupan. Baik itu kehidupan pribadi, kehidupan sosial maupun kehidupan secara makro atau keseluruhan,” paparnya.

Para pelaku teater ini, menurut Usmar, mampu mengekspresikan diri melalui gerak, langkah, dan tingkah melalui tempat yang disajikan baik secara terbuka maupun tertutup.

Jambore teater yang baru kali pertama diselenggarakan DK3B ini diikuti sanggar teater dari sekolah-sekolah dan kampus se-Kota Bogor. (Dn/Foto:Ismet-SZ)

Bagaimana Komentar Kamu?