Friday, 19 April 2024
HomeBeritaWaspada! Jabar Berpotensi Gempa 8 MMI

Waspada! Jabar Berpotensi Gempa 8 MMI

BDN – Adanya potensi gempa di Jawa Barat (Jabar) mencuat. Ini menyusul adanya pernyataan yang dikeluarkan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Lembaga tersebut menyatakan potensi gempa bumi di Jabar cukup besar dengan Modified Mercalli Intensity (MMI) bisa mencapai 8. Selain itu, potensi gempa juga terdapat di seluruh Pulau Jawa, baik Jawa Tengah, maupun Jawa Timur.

Kepala PVMBG Kasbani mengatakan, potensi gempa itu terjadi karena di Pulau Jawa terdapat pertemuan sesar atau patahan Indo-Australia dan Eurasia. Di Pulau Jawa terdapat lima sesar aktif, antara lain sesar Cimandiri di Jabar, sesar Lembang, Kabupaten Bandung Barat, sesar Jakarta di Jakarta, sesar Opak di Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta, sesar Grindulu di Pacitan, Jawa Timur.

Akibat aktivitas tektonik di dasar bumi menyebabkan sesar-sesar tersebut terus bergerak, bergeser dan suatu ketika bakal terjadi tabrakan sehingga menimbulkan gempa bumi. Pengetahuan tentang potensi gempa itu bukan untuk menakut-nakuti, melainkan agar pemerintah dan masyarakat lebih mewaspadai dan mengantisipasinya.

“Tetapi kita tidak bisa memprediksi kapan, di mana dan seberapa besar kekuatan gempa itu. Yang pasti pengetahuan tentang potensi gempa ini bukan untuk menakut-nakuti masyarakat, melainkan agar kita waspada dan menyiapkan diri jika gempa terjadi,” kata Kasbani kepada wartawan di kantor PVMB, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Selasa (13/8/2018).

Kasbani menyatakan di Provinsi Jabar terdapat tiga aktif, yaitu sesar Cimandiri, Cisarua, dan Lembang. Patahan Lembang bertemu dengan Cimandiri di Cisarua, Lembang, Jawa Barat. Sedangkan patahan Cimandiri membentang hingga Baribis dan menyambung sampai Cilacap. “Potensi gempa di Jabar cukup besar akibat aktivitas tiga sesar aktif tersebut. Kekuatannya bisa mencapai 8 MMI,” ujar Kasbani.

Karena banyaknya sesar di Pulau Jawa itu, tutur Kasbani, PVMBG yang memiliki tugas dan fungsi melakukan mitigasi bencana geologi telah membuat peta rawan bencana gempa. Pemerintah daerah diharapkan menyesuaikan Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RTRW) dengan potensi tersebut. “Beberapa daerah sudah menggunakan peta rawan gempa sebagai acuan dalam menyusun RTRW dan membangun bangunan yang tahan gempa guna mengurangi dampak dan korban jika bencana tersebut terjadi,” tandas Kasbani.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here