Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaMulai Akhir September, Tol JORR Jauh Dekat Rp15 Ribu

Mulai Akhir September, Tol JORR Jauh Dekat Rp15 Ribu

Bogor Daily – Proses inte­grasi transaksi Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) segera diberlakukan. Menteri Pekerjaan Umum dan Pe­rumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, inte­grasi Tol JORR bertujuan mening­katkan standar pelayanan jalan tol seperti kemantapan jalan, kecepatan tempuh dan antrean transaksi tol. ”Integrasi transaksi Tol JORR bertu­juan meningkatkan pelayanan dan mendukung sistem logistik nasional agar lebih efisien dan berdaya,” katanya.

Pemerintah pun terus melakukan sosialisasi sebelum rencana ini diberlakukan paling lambat akhir September 2018. Nantinya setelah integrasi berlaku, sistem transaksi yang berlaku adalah sistem terbuka. Pengguna jalan cukup mela­kukan satu kali transaksi di gerbang tol masuk (on ramp payment). ­

Adapun sistem transaksi saat ini yaitu transaksi tertutup (off ramp), pengguna jalan harus melakukan 2-3 kali transaksi untuk mengakses jalan tol se­panjang 76 km yang dikelola empat badan usaha jalan tol tersebut. Pengguna jarak jauh lebih diuntungkan Perubahan tarif akan menjadi konseku­ensi dari proses integrasi tran­saksi ini. Sistem tarif yang di­gunakan yaitu tarif rata-rata tol dikali dengan penggunaan jalan rata-rata tol tersebut.

Dengan demikian, pengguna tol jarak jauh akan lebih diun­tungkan dengan adanya peru­bahan tarif ini dari pada peng­guna tol jarak dekat. Nantinya, tarif yang berlaku yaitu Rp15.000 untuk kendaraan golongan 1, Rp22.500 untuk kendaraan go­longan 2 dan 3 dan Rp30.000 untuk kendaraan golongan 4 dan 5. ”Tidak ada kenaikan ta­rif terselubung yang akan me­ningkatkan pendapatan dan memberikan keuntungan tam­bahan bagi BUJT terkait,” kata Basuki.

Sebagai gambaran, saat ini untuk kendaraan dari Simpang Susun Penjaringan yang menu­ju Tol Akses Pelabuhan Tanjung Priok, golongan I membayar Rp34.000 sedangkan kendaraan golongan V Rp94.500. Dengan pemberlakuan integrasi JORR, akan terdapat penurunan tarif tol yaitu tarif golongan I turun sebesar Rp19.000, sedangkan golongan V turun sebesar Rp64.500. Namun untuk peng­guna jalan tol ruas Ulujami-Pondok Aren dari Bintaro Viaduct menuju Bintaro tetap mem­bayar tarif tol Ulujami-Pondok Aren sebesar Rp3.000 untuk golongan I.

Sementara ruas Tol Ulujami-Pondok Aren yang menuju Ulujami dikenakan tarif Rp15.000 atau naik Rp2.500 dari yang saat ini sebesar Rp12.500. Adapun integrasi transaksi akan dila­kukan dari Seksi W1 (SS Penja­ringan-Kebon Jeruk), Seksi W2 Utara (Kebon Jeruk-Ulujami), Seksi W2 Selatan (Ulujami-Pondok Pinang) dan Seksi S (Pondok Pinang-Taman Mini). Kemudian, Seksi E1 (Taman Mini-Cikunir), Seksi E2 (Ciku­nir-Cakung), Seksi E3 (Cakung-Rorotan), Jalan Tol Akses Tan­jung Priok (Rorotan-Kebon Bawang), dan Jalan Tol Ulujami-Pondok Aren.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here