Friday, 26 April 2024
HomeBeritaKomunitas Board Game Bogor Hehehe (Kabogoh) Bekerjasama dengan Lippo Plaza Keboen Raya...

Komunitas Board Game Bogor Hehehe (Kabogoh) Bekerjasama dengan Lippo Plaza Keboen Raya Bogor Menggelar Acara PlayDay Bogor untuk Memperkenalkan Board Game Kepada Masyarakat Bogor

Bogor, 30 September 2018 – Kabogoh (Komunitas Board Game Bogor Hehehe) bekerjasama dengan Lippo Plaza Keboen Raya Bogor mengadakan acara PlayDay Bogor yang bertujuan memperkenalkan dunia board game kepada masyarakat Bogor. Pada acara PlayDay Bogor kali ini, tidak hanya masyarakat umum, Komunitas Kabogoh juga mengundang Mojang Jajaka Kota dan Kabupaten Bogor serta Komunitas FaktaBahasa Bogor untuk turut berpartisipasi menjajal keseruan bermain board game.

PlayDay Bogor merupakan acara bermain board game yang biasanya bekerja sama dengan cafe atau restoran sebagai penyedia tempat. Acara tersebut adalah acara rutin yang diadakan setiap sebulan sekali dan terbuka untuk umum, baik anggota komunitas ataupun masyarakat lainnya dapat bergabung untuk bermain.

Alvikha Adrian, salah satu pendiri Komunitas Kabogoh, mengatakan “PlayDay Bogor ini merupakan acara umum, dimana siapa saja boleh datang. Jangan khawatir bila anda adalah seorang pemula di dunia board game. Karena ada GM (Game Master) yang siap sedia menjelaskan dan membimbing bagaimana aturan atau cara bermain permainan tersebut.”

Mengingat generasi saat ini adalah generasi tumbuh bersama kemajuan teknologi dan internet, secara tak sadar merubah pola gaya hidup anak-anak muda menjadi tech-savvy. Berbagai jenis gadget kini telah beralih fungsi dari barang komplementer menjadi kebutuhan pokok.

“Tak jarang di zaman teknologi yang maju seperti sekarang ini banyak orang berkumpul bersama kerabat atau keluarganya tetapi fokus berkutat dengan gadget masing-masing, hingga lupa bagaimana cara berkomunikasi, bersosialisai secara langsung. Board game ada sebagai salah satu alternatif hiburan yang positif, menyenangkan serta edukatif.  Board game memberikan pengalaman bermain dan sosialisasi dengan cara yang berbeda dari berbagai macamgame lainnya. Dengan menemui dan berinteraksi secara langsung, maka dapat mengurangi ketergantungan orang terhadap gadget.” Tambah Alvikha.

Alvikha Adrian, menambahkan “Masyarakat Indonesia pada umumnya sudah tidak asing dengan permainan papan atau board game seperti kartu Remi, UNO, Monopoli, Ludo, Halma atau Werewolf yang sampai saat ini masih digemari publik. Popularitas dan eksistensi dunia board game di Indonesia mulai menanjak di tahun 2015. Hal ini dapat dilihat dari munculnya festival bertemakan gaming dan toys, peluncuran berbagai jenis board game karya anak bangsa, juga Komunitas atau gaming group di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Semarang”

Selain memaksa pemainnya untuk bersosialisasi, pemain “dipaksa” untuk menentukan strategi yang paling efektif untuk mengungguli lawan. Berbagai macam tema yang spesifik seperti industri media, sejarah perjuangan kemerdekaan, bahkan permainan saham menjadikan Board Game sebagai media pembelajaran tak hanya edukatif tapi juga menyenangkan.

***

Tentang Kabogoh (Komunitas Board Game Bogor  Hehehe)

Komunitas Board Game Bogor Hehehe atau Kabogoh adalah komunitas yang bergerak di bidang hobi, khususnya permainan papan atau Board Game. Komunitas ini berdiri sejak Agustus 2016 oleh ketika salah satu foundernya, Fikri Azka Nugroho, mengadakan sesi playtesting untuk menguji coba permainan yang sedang ia kembangkan.

Sejak awal berdiri, Kabogoh secara rutin mengadakan acara bertajuk Play Day yang ditujukan kepada publik. Melalui acara ini, Kabogoh ingin memperkenalkan board game sebagai sarana hiburan yang tak hanya menyenangkan, tapi juga edukatif. Komunitas ini terbuka pada berbagai macam game yang dimainkan dan juga tingkat kesulitan sehingga komunitas ini terbuka baik untuk yang pemula maupun pemain yang sudah berpengalaman. Saat ini member Kabogoh sudah mencapai 44 orang.

 

Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi

 

Lukman

Komunitas Board Game Bogor Hehehe (Kabogoh)

0812  9710  1302

[email protected]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here