Uji Ketajaman

Bogor Daily – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Bima Sakti Tukiman, mengaku sudah siap menghadapi Singapura di Piala AFF 2018. Bima juga mengaku sudah mengantongi kekuatan Singapura sehingga timnya siap menyongsong laga tersebut.

Timnas Indonesia akan melakoni laga pertama babak penyisihan Grup B Piala AFF 2018 melawan Singapura di National Stadium, Singapura, Jumat (9/11). Bima Sakti mengaku sudah mengetahui kekuatan tuan rumah. ”Kami sudah lihat bagaimana Singapura bermain. Kami sudah tahu bagaimana kelebihan mereka dan kekurangan mereka juga,” ujar Bima di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Kabupaten Bekasi. ”Paling penting yang harus dipersiapkan adalah mental. Mental harus siap, saat bertahan harus sama-sama semuanya, harus kompak dan harus berkomunikasi,” katanya.

Di sisi lain, Timnas Indonesia telah menggelar pemusatan latihan (TC) selama empat hari di Cikarang demi menghadapi Piala AFF. Latihannya pun hanya digelar sekali dalam sehari, yakni pukul 08:00 sampai 09:30 WIB.

Menurut Bima, latihan satu hari sekali digelar bukan tanpa alasan. Selain faktor cuaca, ia juga ingin membangun karakter tim. ”Setiap pelatih punya metodenya masing-masing. Pelatih punya tujuan yang sama yaitu membangun tim dan saya punya gaya yang sama, mengadopsi gaya Luis Milla,” kata Bima.

”Dia selalu pakai latihan satu sesi tapi intensitasnya tinggi. Yang penting itu bukan berapa lamanya latihan, tapi intesitasnya seperti apa. Kalau latihan sore, saya takut turun hujan. Kalau pagi dan ada sesi tambahan, jadi tidak ada masalah dengan cuaca. Tidak harus latihan sampai magrib,” imbuhnya.

Sementara itu, Kapten Timnas Singapura Hariss Harun mengungkapkan bahwa timnya sudah siap tempur menghadapi Timnas Indonesia di partai pertama Piala AFF 2018 Grup B. Sebagaimana diketahui, Singapura akan menjamu Indonesia di National Stadium pada Jumat (9/11/2018). Pertandingan ini menjadi pertandingan pertama bagi kedua tim di ajang sepak bola paling bergengsi di Asia Tenggara tersebut.

Jelang pertarungan itu, Hariss Harun mengungkap kesiapannya dan rekan satu tim meladeni lawannya di Piala AFF 2018, termasuk Indonesia.

Apa yang diperoleh selama persiapan, khususnya selama 12 hari di J-Green Osaka, Jepang, serta rentetan uji coba internasional, menjadi bekal kuat tak hanya untuk melawan Indonesia namun juga dalam menjalani Piala AFF 2018 secara keseluruhan.

Sepulang dari Osaka pada Jumat (2/11) petang lalu, Timnas Singapura proyeksi Piala AFF 2018 dalam situasi kondusif. Hariss Harun mengklaim hubungan antarpemain kian akrab. Pemain saling pengertian satu sama lain baik di dalam maupun luar lapangan.

Dari sisi teknis, Hariss Harun menyebut latihan serta tiga laga uji coba, termasuk melawan klub J1 League, yang dijalani di Osaka membuat pemain semakin memahami taktik maupun permainan yang hendak diusung Pelatih Fandi Ahmad. ”Tantangan yang akan kami hadapi bakal sulit. Tapi jika kami ingin mencapai sesuatu, kami harus melewati ujian berat itu dan membuat pengorbanan,” kata Hariss.

Bagaimana Komentar Kamu?