Saturday, 18 May 2024
HomeKabupaten Bogor188.966 Balita di Kabupaten Bogor Stunting. Ini yang Dikerjakan Dinkes

188.966 Balita di Kabupaten Bogor Stunting. Ini yang Dikerjakan Dinkes

BOGORDAILY – Angka balita yang mengalami di masih tinggi, hal itupun diungkapkan oleh Kabid Kesejahteraan Masyarakat Dinas Kesehatan () , Dede Agung.

Dari data Dinas Kesehatan (Dinkes) mencatat pada tahun 2018 ada 188.966 atau 32,9 persen balita yang mengalami .

“Dinkes selama ini selalu melakukan preventif berupa penyuluhan dan pemberian makanan dan minuman bergizi,” katanya kepada wartawan, Selasa (17/12/2019).

Dirinya juga menjelaskan, jenis penanggulangan yang dilakukan oleh Dinkes , lebih fokus pada uapaya pencegahan, dengan dua skema kegiatan.

Yang pertama adalah Melalui kegiatan spesifik. Dimana akses dan kualitas pelayanan kesehatan ditingkatkan. Yang dibarengi dengan pemberian asupan gizi yang baik, serta pemantauan tumbuh kembang, pola asuh, dengan prioritas sasaran balita sejak dalam kandungan sampai 2 tahun atau istilahnya 1000 hari pertama kehidupan.

Sedangkan untuk kegiatan yang kedua adalah kegiatan sensitif yang merupakan kegiatan diluar kesehatan yang secara tidak langsung, namun sangat berkontribusi terhadap menekan terjadinya kondisi .

“Seperti menjaga lingkungan tempat tinggal, akses air bersih, sosial budaya dan kemampuan ekonomi masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) , Mikeu Kaltarina mengatakan, sendiri terindikasi sejak umur dua tahun, karena memang sejak lahir sampai umur dua tahun itu pemantauannya kurang dan tidak terlalu ketat.

“Kalau berat badan bisa dilihat maka karenanya ini sulit juga dilihat, 1000 hari pertama kehidupan dari sejak lahir itu, harus fokus primer sasaran utamanya disana, selain tadi remaja juga sasaran awalnya diberikan FE,” singkatnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here