Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaBukan Hotel Mewah, Megawati sebut Turis Asing Tertarik ke Indonesia karena Budaya

Bukan Hotel Mewah, Megawati sebut Turis Asing Tertarik ke Indonesia karena Budaya

BOGORDAILY – Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) menghadiri acara Trisakti Tourism Award di Grand Sahid Jaya Hotel, Jakarta Pusat, Minggu (22/12). Megawati berharap Indonesia bisa menjaga budaya agar orang asing tertarik datang ke Tanah Air.

“Ini titipan saya, banyak teman-teman saya orang asing mengatakan, ‘Mega jangan kamu ubah budaya kamu itu, kita tidak memerlukan hotel-hotel yang indah, yang luxury. Kita ingin melihat negaramu sesuatu yang khas, yang asli, budayamu, kepribadianmu',” kata Megawati saat sambutan.

Presiden RI ke-5 tersebut kemudian mencontohkan negara Jepang yang bisa menggerakkan rakyatnya untuk kepentingan pariwisata. Menurut dia, Jepang berhasil sehingga banyak wisman berkunjung ke negara matahari terbit tersebut.

“Mengapa orang sekarang banyak ke Jepang, karena seluruh kekuatan keindahannya itu digerakkan bukan oleh yang namanya mohon maaf biro-biro tourism saja, tetapi juga oleh rakyat Jepang itu sendiri,” ucap dia.

“Mereka mempergunakan untuk makanannya Tempura, apa yang ditempatnya itu diambil oleh hutannya dari tanamannya yang ditanam dan sebagainya,” kata Megawati.

Dalam acara itu, kota Semarang menjadi juara dalam kategori pariwisata belanja dan kuliner. Dari situ, Mega ingin Semarang dan kota lainnya bisa mengangkat keunikan lainnya supaya orang asing tertarik.

“Itu mestinya lebih di angkat, diperkenalkan bukan makannya, tapi bahan bahannya lalu bahan itu jangan datang dari luar, produk dalam negeri kita sendiri, sehingga orang asing akan menanyakan, ini apa ya, saya kok belom pernah lihat, nah kita jual, itu dari satu komponen, belum lagi lainnya,” tukasnya.

Hidupkan Jalur Rempah

Megawati membandingkan Tiongkok yang punya jalur One Belt One Road (OBOR). “Kalau di Tiongkok ada sekarang dikenal OBOR, one road, one belt. Itu sebetulnya menggunakan jalur sutra, sebenarnya kita pun punya jalur rempah,” kata Megawati.

Megawati berpesan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama untuk menindaklanjuti jalur rempah tersebut. Megawati menyebut, Indonesia negara sangat indah.

“Nanti Pak Wishnu itu harus dibangkitkan kembali apa yang menjadi jalur rempah Indonesia untuk bidang pariwisata, ternyata memang luar biasa keindahah Nusantara kita Republik kita,” ucapnya.

Mega juga ingin bangsa Indonesia ingin berdikari secara ekonomi. Dirinya teringat ucapan sang Ayah, Soekarno yang menyebut Indonesia negara kaya raya. “Bung Karno mengatakan negara kita kaya raya. Kenapa kita dijajah, karena penjajah sangat senang,” ucapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here