Friday, 3 May 2024
HomeBeritaEkspor Produk UMKM Bakal Terus Meningkat, Presiden Jokowi Yakinkan Itu

Ekspor Produk UMKM Bakal Terus Meningkat, Presiden Jokowi Yakinkan Itu

BOGORDAILY – Presiden Joko Widodo () mengungkapkan kontribusi ekspor sejauh ini masih didominasi produk pengusaha besar. Tetapi, menurutnya, melihat perkembangan saat ini dia yakin produk usaha menengah, kecil dan mikro (UMKM) akan bisa merambah pasar ekspor atau go internasional.

“Tapi melihat produk yang dipamerkan saya optimistis tidak lama lagi barang ini akan banjiri pasar ekspor. Kalau kita konsolidasikan pasar dengan baik dan standar produk juga dibangun dengan baik sehingga betul-betul kita mampu bersaing dengan negara lain,” ungkap Presiden  saat menghadiri peresmian pembukaan UMKM Export BRIlianPreneur 2019 di JCC, Jakarta Pusat, Jumat (20/12).

Dalam kesempatan itu, Presiden  kembali menegaskan untuk pengusaha lokal terlebih dulu memfokuskan pemasarannya ke dalam negeri. Sehingga Indonesia tidak hanya menjadi pasar.

“Kita tahu pasar domestik kita besar dan saya tidak mau pasar kita dibanjiri oleh produk impor. Tidak mau,” kata Presiden .

Tetapi, kata dia, bukan hal mudah untuk mewujudkan hal tersebut. Sebab, globalisasi membuat seluruh negara wajib menerapkan pasar ekonomi terbuka. “Caranya hanya satu, bagaimana kita bisa berkompetisi dengan produk impor itu. Entah dari sisi harga disain, kemasan, harus menang,” ungkap Presiden .

Artinya, kata dia, jangan sampai fokus penjualan melupakan pasar domestik karena terlalu konsentrasi menggarap ekspor. Imbasnya tentu yang terjadi pasar dalam negeri diserbu barang impor.

“(Seharusnya) Pasar dalam negeri dikuasai, setelah itu masuk ke pasar global untuk naikkan devisa,” ungkap Presiden .

Pertama Kali, Keripik Hingga Bawang Goreng Produk UKM RI Diekspor ke China

Sekitar 608 produk UKM Indonesia hari ini diekspor untuk pertama kalinya melalui Pusat Logistik Berikat (PLB) e-commerce. Untuk saat ini tujuan ekspor baru ke China.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bea dan Cukai, Heru Pambudi menyebutkan, ke depannya tidak menutup kemungkinan tujuan ekspor akan bertambah ke negara lain hingga Eropa.

“Semua platform yang bisa kita jelajahi ya kita masukan, yang penting network logistic. Ini kita kirim ke China karena di sana sudah ada cabang network PLB di sini dengan disana,” kata Heru dalam acara bertajuk Ekspor Perdana Produk UKM Melalui PLB E-commerce”, di kawasan industri dan pergudangan Marunda Centre, Bekasi, Kamis (19/12).

Beberapa produk yang diekspor kali ini di antaranya adalah makanan dan pakaian batik. Makanan di antaranya abon, keripik, kue-kue hingga bawang goreng.

Dalam kesempatan serupa, Presiden Direktur (Presdir) PT Uniair Indotama Cargo (UIC), Lisa Juliawati menyatakan, PLB e-commerce merupakan kendaraan logistik bagi lKM-UKM dari seluruh Indonesia, guna membantu mereka untuk mengekspor produknya, melalui sistem perdagangan elektronik (e-commerce).

“Selama ini perdagangan elektronik kebanyakan dimanfaatkan untuk mengimpor barang-barang konsumsi ke Indonesia. Itu sebabnya kami yang sudah berpengalaman selama 30 tahun dalam ekosistem dan logistik perdagangan internasional dipercaya oleh pihak Bea dan Cukai, menjadi perusahaan PLB e-commerce pertama di Indonesia, yang melaksanakan sistem ini secara digital,” ujarnya.

Keuntungan untuk UMKM

Ada sejumlah keuntungan bagi IKM-UKM yang melakukan ekspor produknya melalui PLB e-commerce. Sebagai eksportir pemula, selai produknya akan dikenal secara lebih luas, karena masuk dalam katalog perusahaan market place tuar negeri, produk-produk mereka yang telah lolos kurasi dari perusahaan agregator di Indonesia (PT Sarinah dan PT PPI) ini nantinya juga memperoleh kemudahan dalam pengurusan prosedur ekspor dan kepabeanan barang-barangnya, karena secara kolektif akan difasilitasi.

Adapun target kontribusi ekspor UMKM di tahun 2024 akan mencapai lebih dari 30 persen, saat ini kontribusi ekspor usaha mikro dan UMKM sebesar 14,17 persen dan 60.34 persen dari total PDB nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here