Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaJokowi Merestui UN Diganti

Jokowi Merestui UN Diganti

BOGORDAILY – Gebrakan Mendikbud Nadiem Makarim direstui oleh Presiden Joko Widodo (). Versi lama dari ujian nasional (UN) diakhiri dan diganti dengan versi baru.

Senada dengan penjelasan Nadiem, mengatakan bahwa ujian nasional terakhir diadakan pada tahun 2020. Pada tahun 2021, akan ada Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter.

“Artinya sudah tidak ada UN lagi tahun 2021. Akan diganti dengan asesmen kompetensi. Artinya yang diasesmen adalah sekolah, guru. Dan juga ada yang namanya survei karakter. Dari situ bisa dijadikan evaluasi. Pendidikan kita sampai ke level mana,” ujar usai peresmian Tol Jakarta-Cikampek Elevated, Kamis (12/12/2019).

Dukungan penuh diberikan oleh . “Nanti sudah dihitung saya kira kita mendukung apa yang sudah diputuskan mendikbud,” katanya.

Restu Jokowi untuk UN Diganti

menyebut, asesmen pengganti ujian nasional akan melihat sejauh mana grade sekolah tertentu. Sekolah yang di bawah grade akan dievaluasi.

“Artinya mau tidak mau nanti setiap sekolah akan ada angka-angkanya. Yang angkanya di bawah grade tentu saja harus diperbaiki dan diinjeksi sehingga bisa naik levelnya. Akan kelihatan sekolah mana yang perlu disuntik,” ujar .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here