Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaPolisi Mengecek Kabar Pencurian Ikan oleh Kapal Asing di Natuna Utara

Polisi Mengecek Kabar Pencurian Ikan oleh Kapal Asing di Natuna Utara

BOGORDAILY – Polisi mengecek kabar oleh kapal berbendera negara lain di perairan Natuna Utara, Kepulauan Riau (Kepri). Kabar pencurian tersebut datang dari seorang nelayan yang mengunggah video berlayarnya kapal-kapal asing dan dalam video itu disebutkan kapal-kapal sedang melakukan illegal fishing.

“Direktur Polairud Polda Kepri dan Kapolres Natuna sudah ditugaskan untuk menindaklanjutinya,” kata Kapolda Kepri, Irjen Andap Revianto, ketika dikonfirmasi detikcom, Kamis malam (26/12/2019).

Andap menuturkan pihaknya segera mengecek lokasi perairan sebagaimana yang terekam dalam video. Dia telah berkoordinasi dengan pihak Bakamla setempat untuk sama-sama melakukan pengecekan.

“Tentukan kami akan cek posisi dan TKP-nya. Di samping itu, kami juga akan koordinasi dengan otoritas perairan lainnya. Dari hasil koordinasi dengan Danguskamla I Laksma Yayan Sofiyan, diperoleh info bahwa dua KRI yang sudah digerakkan ke sana dan tadi pagi,” jelas Andap.

Dua KRI yang digerakan, lanjut Andap, adalah KRI TUM ke sisi timur Natuna dan KRI TPD ke utara Natuna. Selain itu, aparat melakukan kegiatan patroli udara di perairan Natuna Utara. “Dilaksanakan Patroli udara menggunakan Patmar CN 235 BKO Guskamla I,” imbuh Andap.

Sebelumnya, sebuah video yang disebut direkam oleh seorang nelayan beredar di media sosial. Perekam protes karena tidak ada tindakan tegas dari aparat yang menjaga perairan atas kegiatan kapal asing tersebut. “Kapal asing menangkap ikan di wilayah Indonesia. Sangat bebas sekali. Kenapa tidak ditangkap? Sangat merugikan nelayan Indonesia,” ujar perekam dalam video.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here