Thursday, 28 March 2024
HomeBerita5G Akan Ada di Ibu Kota Baru

5G Akan Ada di Ibu Kota Baru

BOGORDAILY – Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny G. Plate, mengatakan, pemindahan ini nantinya bukan sekadar fisik, melainkan juga transformasi Indonesia, termasuk di dalamnya sisi teknologi.

“Pemanfaatan 5G agar nanti jadi ibu kota cerdas. Ibu kota di mana di dalamnya akan ada kendaraan tanpa awak. Sistem di dalamnya juga dipadati teknologi digital. Kami berharap ibu kota ini menjadi digital hub di Indonesia,” tuturnya saat ditemui di kantor Kemkominfo, Jakarta, Selasa (28/2).

Tidak hanya itu, Johnny juga mengatakan ada implementasi 5G di bidang industri. Karenanya, kluster industri yang nanti akan menerapkan 5G diharapkan telah memiliki ekosistem yang siap.

“Sehingga nanti di situ AI (artificial intelligence), robotik, nanti bisa berperan dengan baik dan bisa bermanfaat. Investasi 5G cukup mahal, sehingga ekosistemnya perlu juga siap,” tuturnya menjelaskan.

Pertimbangan Adopsi 5G

Nantinya ada tiga pertimbangan pemerintah sebelum mengadopsi teknologi 5G. Pertama, terkait teknologi yang nantinya akan menentukan arah kebijakan atau arah keputusan.

“Yang kedua, pemerintah pasti memperhatikan faktor ekonominya. Teknologi mana yang lebih bermanfaat bagi Indonesia. Apakah memilih satu atau beberapa provider,” tuturnya lebih lanjut.

Terakhir, pemerintah akan mempertimbangkan letak dan posisi geostrategis. Alasannya, Johnny mengatakan 5G juga terkait dengan geostrategis.

Sekadar informasi, Menkominfo Johnny G. Plate sebelumnya memang sempat bertemu dengan sejumlah petinggi perusahaan teknologi di World Economic Forum. Dalam pertemuan itu, ada sejumlah topik yang dibicarakan, termasuk pengembangan 5G di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here