Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorAlhamdulillah, Akses Jalan Longsor di Sukajaya Sudah Tembus Pasir Madang

Alhamdulillah, Akses Jalan Longsor di Sukajaya Sudah Tembus Pasir Madang

BOGORDAILY – Ketua Satgas Balai Enam, Kementerian PUPR, Suparman, mengatakan, pihaknya saat ini akan fokus kepada pembukaan akses terlebih dahulu, untuk bisa dilewati kendaraan roda dua.

“Kami saat ini fokus kepada pembukaan akses terlebih dahulu, sehingga bisa dilewati oleh masyarakat dan logistik bisa masuk,” katanya kepada Bogordaily.net ketika ditemui dilokasi longsor Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, Selasa (7/1/2020).

Ia mengatakan, untuk titik pertama pada Senin (6/1/2020) pihaknya melakukan pembukaan akses jalan yang tertutup longsor di Desa Pasir Madang, Kecamatan Sukajaya.

“Jadi untuk titik pertama kemarin jam 5 sore sudah bisa terbuka yang di Kampung Ciputih Tonggoh. Nah karena teman teman kita operator sudah 24 jam belum tidur, tadi malam jam 8 saya suruh istirahat,” jelasnya.

Menurutnya, pengerjaan di Kampung Pasir Madang, Desa Pasir Madang baru di kerjakan tadi pukul 11:00 WIB siang dan sudah mulai terbuka, dengan menggunakan alat bwrat yang ada di kerahkan sebanyak tujuh.

“Dengan alat berat yg ada di sini, eksavator besar 1, eksa kecil satu, buldoser 1, loader ada 4,” ungkapnya.

Ketika ditanya pengerjaan saat ini, dirinya akan fokus kepada penanganan sampai habis di Desa Pasir Madang yang terdampak longsor.

“Kalau kemarin infonya cuma sampai kecamatan sampai kantor desa, ternyata pas kita masuk, di sini masih kampungnya juga. Cuma untuk sampai ke kampung itu ini titik terberat. Mudah mudahan ini dalam waktu 2 jam ini sudah bisa kebuka. Habis itu kita bisa masuk ke kampungnya,” jelasnya lagi.

Ketika ditanya juga kenapa kondisinya dalam pembukaan jalur longsor ini sangat sulit ?, dirinya menjawab katena tinghi longsor menutupi jalan dua sampai tiga meter.

“Alat kita tidak bisa semuanya bergerak. Yang kita optinalkan, yang bisa bergerak adalah eksavator dan buldoser. Jadi supaya kita lebih epektif maka loader kita arahkan membersihkan. Jadi semuanya bekerja,” titurnya.

Ia mengaku, masih ada satu desa yang belum terbuka akses jalannya, mengenai ada beberapa titik dirinya belum bisa menjawab karena kekurangan data.

“Ini tadi ada staf saya suruh masuk kesana tapi engga bisa. Karena ada kurang lebih 200 meter jalan yang tertutup. Itu yang mau masuk ke Cileuksa dari Pasir Madang,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here