Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorBunga Bangkai Raksasa Tumbuh Lagi di Kebun Raya Bogor. Bima Arya Langsung...

Bunga Bangkai Raksasa Tumbuh Lagi di Kebun Raya Bogor. Bima Arya Langsung Menciumnya

BOGORDAILY – Walikota Bogor kemarin melihat langsung raksasa, yang tingginys nyaris sama dengan tinggi badannya itu.

raksasa itu kini tumbuh lagi di Kebun Raya Bogor (KRB).

Bunga Bangka itu kembali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), Sabtu (04/01/2020). Ini kali kedua bunga tersebut mekar setelah bunga tersebut pernah mekar di tahun 2011 lalu.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R. Hendrian mengatakan, ini termasuk suku talas-talasan (Araceae) sehingga memiliki umbi. Umbinya juga berukuran raksasa dengan berat dapat mencapai 117 kilogram.

“Umbi dari individu yang akan mekar ini diperoleh dari kerjasama LIPI dengan Kebun Raya Liwa, Lampung,” ujar R. Hendrian dalam keterangannya, Sabtu 4 Januari 2020.

R. Hendrian menjelaskan, konservasi jenis-jenis tumbuhan terancam di Indonesia akan menjadi salah satu fokus utama kegiatan penelitian LIPI di tahun ini.

“Beberapa kegiatan eksplorasi juga akan dilakukan untuk meningkatkan secara signifikan jumlah jenis tumbuhan terancam yang terkonservasi secara ex-situ di Kebun Raya Indonesia,” terangnya.

Ia menambahkan, fasilitas penelitian di Kebun Raya Bogor terus dioptimalisasi dan direvitalisasi. Seperti awal tahun ini, pembangunan rumah kaca dan laboratorium anggrek segera dimulai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here