Friday, 17 May 2024
HomeKabupaten BogorDampak Bencana Longsor di Bogor, 1.520 Hektar Sawah Rusak, 50 Hektar Hilang

Dampak Bencana Longsor di Bogor, 1.520 Hektar Sawah Rusak, 50 Hektar Hilang

BOGORDAILY – Kadis Tanaman Pangan Hultikultura dan Perkebunan Kabupaten Bogor, Siti Nurianti menyebutkan, akibat longsor dan banjir yang terjadi di Kecamatan Sukajaya, Nanggung, dan Cigudeg menyebabkan 1.520 hektar sawah rusak.

“Lahan sawah 1.520 hektare di Cigudeg, Nanggung, dan Sukajaya rusak. paling banyak di Cigudeg sekitar 265 hektare, yang kena banjir,” katanya kepada Bogordaily.net, Senin (13/1/2020).

Pihaknya juga sudah melakukan penyebaran bantuan dengan metrokimia sembako, kepada korban bencana banjir dan longsor.

Tidak hanya itu saja, banyak lahan persawahan yang tertutup lumpur sehingga membuat lahan di tiga kecamatan tersebut rusak parah. Bahkan ada juga yang tidak bisa digunakan kembali.

“Tapi yang parah sawahnya ketutupan batu, hilang. Kita sudah laporkan ke pusat ya jadi kita minta nanti, tapi harus menunggu itu aman. Itu harus dibantu eskavator, cuman masalahanya nyeberangnya gak ada jembatan,” jelasnya.

Mengenai respon dari Kementerian Pertanian sendiri lanjutnya, akan dibantu baik dari bibit dan itu bagi yang mempunyai asuransi dan otomatis pasti akan mendapatkan.

“Ya memang agak susah ya, kan asuransi itu harus ada premi, kalau gak ada premi, enggak. Kalau bibit iya,” ucapnya.

Dirinya mengaku, terkait menormalkan lagi lahan sawah yang tertutup lumpur tersebut dinilai akan perlahan dibersihkan. Kalau mengenai benih Pemerintah Kabupaten Bogor pasti siap.

Banyak juga lanjutnya, para petani mengeluhkan cangkul, arit dan peralatan pertanian lainnya yang hilang. Dirinya menghimbau, agar perusahaan perkebunan untuk membantu para petani yang terdampak bencana alam tersebut.

“Untuk kerugian diatas Rp1 miliar karena ada irigasi, dan parit itu ada. Banyak yg sawahnya hilang tapi ini tanamnya baru 10 hari. Kalau dihitung dengan benihnya bisa sekitar Rp 6 miliaran. Cuma 50 hekatre yang hilang sawah di tiga kecamatan tersebut,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here