Friday, 24 May 2024
HomeBeritaHari Ini Jokowi akan Meresmikan Underpass Terpanjang di Indonesia

Hari Ini Jokowi akan Meresmikan Underpass Terpanjang di Indonesia

BOGORDAILY – Presiden  melakukan kunjungan kerja ke wilayah DIY, Jumat (31/1). Salah satu agenda yang akan dilakukan adalah meresmikan underpass terpanjang di Indonesia.

Underpass yang berada di area Yogyakarta International Area (YIA) ini baru saja rampung dikerjakan. Underpass YIA ini memiliki panjang 1,3 kilometer dan menjadi underpass terpanjang di Indonesia.

Kepala BBPJN VII, Akhmad Cahyadi mengatakan, underpass YIA terdiri dari konstruksi terowongan (slab tertutup) sepanjang 1.095 meter. Selain itu memiliki jalan pendekat arah timur dan barat masing-masing sepanjang 110 meter dan 100 meter.

Akhmad menerangkan underpass YIA memiliki lebar 7,85 meter, clearance atas 5,2 meter dan samping 18,4 meter. Underpass ini juga akan dilengkapi sistem audio untuk menyampaikan pesan-pesan pentingnya keselamatan berkendara selama berada di dalam underpass.

Dia menambahkan, pembangunan underpass ini bertujuan agar akses Jalan Nasional Pantai Selatan (Pansela) Jawa yang menghubungkan Purwokerto dan Yogyakarta tetap terbuka. Karena, pembangunan Bandara Kulonprogo memotong jalan Pansela yang lama.

Akhmad merinci Pembangunan underpass YIA dimulai pada November 2018 dengan biaya Rp 293 miliar bersumber dari Surat Berharga Syariah Negara (SBSN)/Sukuk Negara Tahun Anggaran 2018-2019. Underpass ini dikerjakan oleh kontraktor PT Wijaya Karya MCM KSO.

“Untuk mengantisipasi terjadinya genangan air saat turun hujan, konstruksi underpass ini dilengkapi dengan rumah pompa dan dilapisi waterstop yang terbuat dari karet untuk beton dinding dan lantainya. Di samping itu, untuk menambah nilai estetika pada konstruksi terowongan dihiasi ornamen khas Yogyakarta seperti Tari Jathilan, Tari Angguk Putri, Kalamakara dan Setilir Gebleg Renteng,” katanya dalam keterangan tertulisnya, Jumat (31/1).

Akhmad menambahkan selain menghubungkan Purwokerto dengan Yogyakarta melalui Pansela, diharapkan underpass YIA ini dapat memperlancar arus lalu lintas warga Kulon Progo dan sekitarnya sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kulon Progo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here