Friday, 19 April 2024
HomeTravellingPertunjukan Holographic Performance Ameng, Potret Eksotisme Kebudayaan Agraris

Pertunjukan Holographic Performance Ameng, Potret Eksotisme Kebudayaan Agraris

BOGORDAILY – Laboratorium Aktor Majalengka akan menampilkan pertunjukan Holographic Performance Ameng Belentung, di Aula Bina Asih, Disparbud Majalengka pada Sabtu (21/3/20).

Sutradara pementasan Ocky Sandi menjelaskan, pentas Ameng Belentung, merupakan gambaran kecil tentang eksotisme kebudayaan agraris nusantara, dengan tata nilai yang luhur dan agung, di mana sawah menjadi salah satu monumen eksotismenya sedangkan gotong royong menjadi falsafah kehidupan sosialnya.

Namun kini, lanjut Ocky, sebanyak 150 ribu sampai 200 ribu hektar sawah menghilang setiap tahunnya. Gejala monopolitik, konsumtif, individual dan perpecahan semakin merusak tata nilai yang telah lama berlangsung.

“Ya, pembangunan dan perkembangan zaman adalah keniscayaan. Namun, kebudayaan dan kearifan lokal pun tak bisa diabaikan, agar harmoni tetap terjaga dan manusia terhindar dari bencana karena ulah kita sendiri,” papar Ocky.

Melalui jalan kesenian di mana Belentung yang menjadi tematiknya, pementasan ini mengajak supaya masyarakat berkontribusi demi kemaslahatan hidup bersama kedepan.
Panjang Umur Alam Raya!!! (bdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here