Friday, 17 May 2024
HomeKabupaten BogorRelokasi Korban Longsor dan Banjir di Sukajaya Akan Dibantu Pemerintah Pusat

Relokasi Korban Longsor dan Banjir di Sukajaya Akan Dibantu Pemerintah Pusat

BOGORDAILY – Mengenai relokasi korban longsor dan banjir di Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor, akan dibantu oleh pemerintah pusat, hal itupun diungkapkan Bupati Bogor Ade Yasin setelah melakukan rapat bersama Presiden Indonesia di Istana Kepresidenan.

“Hasil pertemuan yang pertama adalah beliau sudah melihat sendiri langsung ke sana, dan menurut beliau semua tertangani keperluan masyarakata juga sudah tertangani bantuan bantuan pun sudah lumayan cukup banyak,” katanya kepada Bogordaily.net ditemui di Gedung Serbaguna I Sekretaris Daerah Kabupaten Bogor, Jumat (10/1/2020).

Menurutnya, Presiden RI Joko Widodo juga menyarankan, agar segera mempersiapkan lokasi untuk merelokasi penduduk yang terkena banjir dan longsor sehingga tidak bisa ditinggali lagi.

“Beliau menyarankan dan sudah dipersiapkan untuk relokasi bagi masyarakat yang rumahnya tidak tertolong lagi bantuannya dari pusat,” ungkapnya.

Ia juga menjelaskan, mengenai warga yang harus direlokasi juga ada kriterianya diantaranya rumah terkubur, rusak parah, dan tanah tidak stabil lagi untuk menjadi tempat tinggal.

“Seperti terkubur ada yang rusak parah ada yang diatas tanah yang tidak stabil, itu harus segera direlokasi,” jelasnya.

Wanita yang disapa Ade ini juga mengatakan, dirinya ketika bertemu Joko Widodo sempat berbincang dengan Gubernur DKI Jakarta membahas permasalahan banjir yang terjadi di Bogor maupun Ibu kota Republik Indonesia.

“Kita ngobrol biasa dan pak ridwan kamil kedepan kita bahas semua tentang banjir.
Semoat nyebut apatar, itu kan wartawan yang menyebut itu. Kata pak Anis gak masalah kemarin gak mengikuti beritanya, saya bilang pak tahu gak ada rame avatar nih pak, kata beliau saya gak tahu bapak gak pantau medsos nih kata saya, gak masalah sih kata dia,” ceritanya saat bertemu Ania Baswedan.

Orang nomor satu di Bumi Tegar Beriman ini juga menambahkan, mengenai Relokasi untuk korban bencana akan dilakukan Investigasi terlebih dahulu, mana yang dinilai harus diperbaiki dan memang nantinya ada penilayan sendiri.

“Kan merelokasi itu tidak mudah karena harus memindahkan orang, dan tentunya ini yang harus kita sosialisasikan dulu ke masyarakat, setelah itu kita carikan lokasi alokasi yang memang ada dan yang terancam. Dan itu akan dibantu oleh pemerintah pusat, untuk lokasi kita sedan identivikasi mana yang aman dan yang tidak,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here