Sunday, 19 May 2024
HomeKota Bogor3.757 Warga Kota Bogor Stunting

3.757 Warga Kota Bogor Stunting

BOGORDAILY – Sebanyak 3.757 atau 4,52 persen ribu warga Kota Bogor mengalami di tahun 2019. Data itupun merupakan penurunan dibandingkan tahun sebelumnya yang mengalami di Kota Hujan tersebut sebanyak 4.050 atau 4,8 persen.

Data itupun didapat Bogordaily.net dari Kepala Seksi Pembinaan dan Pelayanan Gizi Dinas Kesehatan Kota Bogor, Ida Jubaedah, yang menyebutkan bahwa penurunan di Kota Hujan ini sudah berjalan dengan baik.

“Tahun 2018 itu sebanyak 4.050 atau 4,8 persen, dan tahun 2019 mengalami penurunan jadi 3.757 atau 4,5 persen,” ujarnya, ketika ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (13/2/2020).

Wanita yang disapa akrab Ida ini mengungkapkan, Dinas Kesehatan Kota Bogor untuk saat ini lebih memfokuskan kepada pencegahan . Hal itupun merupakan upaya untuk mengurangi penurunan orang pendek (.red).

“Untuk penurunan di Kota Bogor tentu itu kegiatan yang kita lakukan. Walaupun bukan lokus, karena kegiatan penurunan pencegahan sudah dilakukan sejak lama 2013 sudah berjalan,” kata Ida.

Ida pun mengaku, saat ini Dinas Kesehatan Kota Bogor akan fokus kepada pencegahan. Walaupun, bukan berarti yang sudah terkena itu akan diabaikan.

“Yang sekarang intens itu kita bukan intervensi yang sudah , yang udah kita tidak terlalu fokus, karena yang sudah Stunting kita sudah biasa melakukan metode pedoman gizi seimbang dan melakukan sosialisasi,” akunya.

Ia menjelaskan, pihaknya saat ini lebih kepada bagaimana caranya untuk mengantisipasi adanya Stunting lahir yang baru.

“Kita saat ini fokus kepada jangan adanya lahir yang baru, sehingga pencegahan nya kita kembali ke akar permasalahannya dulu dilakukan intens,” tukasnya. (Andi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here