Friday, 29 March 2024
HomeBeritaDibanderol Rp12 Juta-an, Begini Daleman Samsung S-20

Dibanderol Rp12 Juta-an, Begini Daleman Samsung S-20

BOGOR DAILY- Samsung hingga saat ini terus bertahan menjadi merek smartphone pilihan terbaik yang menjadi idaman setiap orang di dunia, termasuk Indonesia. Salah satu produk smartphone terlaris Samsung berasal dari Seri Galaxy yang saat ini sangat populer di masyarakat.

Malahan, produk Seri Galaxy terbaru yang diberi nama Samsung S20 telah menarik perhatian masyarakat walau belum resmi dirilis di Indonesia. Smartphone Samsung Galaxy S20 ini sebenarnya telah diluncurkan di “Galaxy Unpacked 2020” yang bertempat pada Palace of Fine Arts, San Fransisco, Amerika Serikat.

Dalam peluncuran yang digelar di hari Selasa (11/2/2020), ada 2 varian smartphone lainnya yang diluncurkan oleh Samsung, yakni Samsung Galaxy S20 Plus dan Samsung Galaxy S20 Ultra. Jika ditarik ke belakang, seri Galaxy terakhir yang diluncurkan Samsung bernama Galaxy S10.

Dengan begitu, harusnya sudah pasti produk terbaru yang diluncurkan ini sepatutnya diberi nama Galaxy S11. Meski begitu, ada makna tersendiri kenapa Samsung mengusung seri Galaxy terbarunya dengan nama S20. Nama Galaxy S20 sendiri digunakan untuk menandai satu dekade (10) tahun tepatnya Samsung telah memasarkan seri Galaxy S.

Keberhasilan smartphone Samsung dengan menggunakan sistem Android dimulai dengan peluncuran Samsung Galaxy S. Smartphone ini diluncurkan oleh Samsung pada Bulan Maret 2010. Ketika itu, tingkat penjualan smartphone ini diketahui cukup tinggi dan meningkatkan popularitas merek Samsung.

Pada bulan Januari 2011, Samsung berhasil menjual smartphone ini sebanyak 10 juta unit. Keberhasilan tersebut pun terus berlanjut pada produk smartphone Samsung setelah Galaxy S. Beberapa produk smartphone Samsung yang sukses lainnya yaitu Samsung Galaxy S II dan Samsung Galaxy S III.

Tidak hanya itu, beberapa smartphone Galaxy lainnya juga memperoleh sambutan tinggi di pasaran. Produk-produk tersebut seperti Samsung Galaxy Mini, Samsung Galaxy Young, dan Samsung Galaxy Note.

Seusai kesuksesan produk-produknya tersebut, Samsung sebenarnya telah mengembangkan sebuah sistem operasi sendiri yang disebutnya sebagai OS Bada. Penamaan OS (Operating System) tersebut pun diambil oleh Samsung dari bahasa Korea yang memiliki arti lautan.

Pada bulan April 2010, Samsung meluncurkan smartphone berbasis sistem operasi Bada pertamanya, yakni Samsung Wave S8500. Smartphone ini dilengkapi prosesor single core 1 GHz dengan GPU PowerVR SGX 540.

Pada bagian layar, smartphone ini dilengkapi dengan layar Super AMOLED berukuran 3.3 inci serta kemampuan untuk merekam video berkualitas HD (High Definition) 720p. Smartphone ini juga mampu terjual sebanyak 1 juta unit dalam empat minggu pertamanya.

Seiring waktu, ternyata smartphone tersebut punya tingkat penjualan yang kurang baik. Samsung akhirnya memutuskan bahwa mereka tidak akan melanjutkan pengembangan OS Bada. Samsung pun beralih untuk mengembangkan smartphone dengan OS Tizen yang juga mereka kembangkan sendiri.

Selain itu, Samsung juga sempat merilis smartphone lainnya yang menggunakan OS Windows Phone 7. Adapun, smartphone dengan sistem operasi Windows Phone pertama yang diluncurkan oleh adalah Samsung Omnia 7. Namun, tingkat penjualan smartphone-smartphone ini masih belum bisa menyaingi tingkat penjualan Seri Samsung Galaxy.

Karena itu, Seri Galaxy yang menggunakan sistem operasi Android ini akhirnya turut membesarkan merek Samsung di ranah smartphone, termasuk di Indonesia sendiri. Populernya Seri Galaxy tersebut juga ditengarai karena Samsung terus menerus menelurkan produk smartphone Android untuk berbagai segmen.

Sebentar lagi seri Galaxy S terbaru dari Samsung sebagai penerus dari Samsung Galaxy S10 akan segera beredar di Indonesia. Smartphone yang diberi nama Samsung Galaxy S20 ini disebut-sebut mempunyai berbagai upgrade menakjubkan sehingga banyak penggemar menantikannya.

Lantas, seperti apa kira-kira spesifikasinya? Berikut ulasannya!
1. Desain
Dari segi desain, smartphone Samsung Galaxy S20 dirancang dengan Infinity-O-display. Desain Infinity-O-display ini membuat sehingga lubang kamera smartphone Samsung Galaxy S20 berada di tengah sisi atas. Hal ini tentunya berbeda dengan seri Galaxy sebelumnya, yaitu smartphone Samsung S10 yang letak kameranya berada di pojok kanan.

Smartphone Samsung Galaxy S20 diketahui memiliki dimensi 151.7×69.1×7.9 mm (5.97×2.72×0.31 inci). Sedangkan, berat smartphone Samsung Galaxy S20 yaitu 163 gram. Adapun, smartphone Samsung Galaxy S20 hadir dalam 3 varian warna, yakni Cosmic Grey, Cloud Blue, dan Cloud Pink.

Perlu diketahui, smartphone Samsung Galaxy S20 dirancang dengan perlindungan Gorilla Glass 6 pada bagian Glass Front dan Glass Back serta menggunakan Aluminium Frame. Selain itu, smartphone Samsung Galaxy S20 juga telah mempunyai IP68 dust/water resistant (up to 1.5 meter untuk 30 menit).

2. SOC (System on Chip)
Smartphone Samsung Galaxy S20 menggunakan prosesor ataupun SOC (system on chip) buatan produsen asal Korea Selatan tersebut, yakni Exynos 990. Ini merupakan pertama kalinya chipset Exynos 990 digunakan pada smartphone seri Galaxy dari Samsung.

3. RAM dan Kapasitas Penyimpanan Internal
Samsung Galaxy S20 merupakan smartphone pertama yang memakai RAM LPDDR5 sebesar 8 GB. Dengan spesifikasi tersebut, tentulah bermain game menggunakan smartphone Samsung Galaxy S20 akan menjadi semakin menyenangkan. Kamu pun bisa menjalankan berbagai game yang punya grafis tinggi ataupun aktivitas multi-tasking lainnya tanpa hambatan.

Apalagi, dengan kapasitas penyimpanan internal sebesar 128 GB yang terdapat pada smartphone Samsung Galaxy S20 akan mempermudah kamu dalam menyimpan apa saja. Kapasitas penyimpanan internal yang sangat lega tersebut akan membuat kamu lebih praktis menyimpan berbagai file, musik, video, ataupun koleksi game favorit di smartphone Samsung Galaxy S20.

Jika membutuhkan kapasitas tambahan, smartphone Samsung Galaxy S20 juga dilengkapi card slot dengan format MicroSDXC. Selain itu, terdapat juga UFS 3.0 di smartphone Samsung Galaxy S20.

4. Kamera
Smartphone Samsung Galaxy S20 mempunyai triple camera di bagian belakangnya. Kamera pertama merupakan lensa wide dengan resolusi 12 MP. Kamera kedua merupakan lensa telephoto dengan resolusi 64 MP. Yang terakhir merupakan lensa ultra-wide beresolusi 12 MP.

Triple camera di bagian belakang smartphone Samsung Galaxy S20 mempunyai space zoom. Kamera sekelas profesional yang mampu memperbesar objek hingga 10 kali. Meski begitu, gambar yang dihasilkan tetap jernih dan tidak ada noise yang berarti.

Menariknya, triple camera di bagian belakang smartphone Samsung Galaxy S20 juga mampu melakukan hingga 30x zoom. Selain itu, smartphone Samsung Galaxy S20 juga didukung fitur Night Mode dengan sensor 3x lebih banyak. Fitur Night Mode ini akan mendukung kamu untuk mengabadikan gambar yang tetap jernih meski dilakukan di malam hari.

Untuk kamera selfie, smartphone Samsung Galaxy S20 mempunyai dual camera wide beresolusi 10 MP. Selain itu, smartphone Samsung Galaxy S20 juga dilengkapi fitur Single Take sehingga kamu tidak perlu mengambil foto/video berulang kali untuk mencari angle yang tepat. Dengan fitur Single Take, kamu bisa mendapat opsi foto/video dari beragam angle serta efek.

Cukup tekan tombol shutter sekali saat menggunakan fitur Single Take, dan AI akan menganalisisnya untuk menghasilkan 14 foto ataupun video yang berbeda. Perlu diketahui, fitur Single Take membutuhkan waktu minimal 3 detik untuk mengambil foto/video serta maksimal 10 detik.

Untuk kualitas video, Samsung Galaxy S20 diklaim sebagai smartphone pertama yang mampu meningkatkan resolusi kameranya hingga kualitas 8K. Sebagai informasi, kualitas ini berarti kamu dapat membuat video yang punya resolusi 4x lebih tinggi dari UHD serta 16x lebih tinggi dari FHD.

Terdapat juga fitur Super Steady yang akan membuat kamu lebih stabil memegang smartphone Samsung Galaxy S20 saat membuat video.

5. Layar
Smartphone Samsung Galaxy S20 dibekali layar Dynamic Amoled 2X Capacitive Touchsreen. Layar Dynamic Amoled 2X ini disebut-sebut mampu membuat tampilan warna layar smartphone Samsung Galaxy S20 menjadi lebih tajam serta nyaman untuk scrolling maupun mengetik.

eye strain reduction pada smartphone Samsung Galaxy S20 juga mampu mengurangi blue light pada layar hingga 18% lebih baik dari seri Galaxy sebelumnya, Galaxy S10 tanpa mengurangi kualitas layar.

Selain itu, layar smartphone Samsung Galaxy S20 juga dibekali dengan 120 Hz Display Support (up to FHD resolution). Yang lebih menarik, smartphone Samsung Galaxy S20 punya 240 Hz touch sensitivity. Dengan touch sensitivity sebesar itu, layar smartphone Samsung Galaxy S20 akan menjadi lebih responsif untuk bermain game.

Adapun, smartphone Samsung Galaxy S20 hadir dengan layar 6.2 inci dan beresolusi 1440×3200 pixels. Selain itu, layar smartphone Samsung Galaxy S20 mengusung 20:9 ratio (563 ppi density). Untuk perlindungan, layar smartphone Samsung Galaxy S20 dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6.

6. Fitur Lainnya
Terdapat banyak fitur menarik yang ditawarkan oleh smartphone Samsung Galaxy S20. Beberapa fitur tersebut seperti fingerprint (under display, ultrasonic), accelerometer, gyro, proximity, compass, serta barometer. Ada juga fitur Samsung Pay (Visa, MasterCard certified) yang akan mempermudah kamu saat melakukan berbagai pembayaran lewat smartphone Samsung Galaxy S20.

Selain itu, fitur lainnya ada seperti ANT+, Bixby natural language commands and dictation, serta Samsung DeX (desktop experience support). Menariknya, Samsung juga telah melakukan kerja sama dengan Spotify agar dapat berkofigurasi dengan Bixby Routines.

Hasil kerja sama tersebut menjadikan pengguna smartphone Samsung Galaxy S20 bisa mendengarkan lagu yang sangat sesuai dengan kebiasaan sehari-hari. Kamu cukup mengatur rutinitasmu di Bixby, nantinya Spotify akan memilihkan soundtrack yang cocok dengan aktivitas tersebut.

Samsung juga berkolaborasi dengan Knox sehingga privasi smartphone Samsung Galaxy S20 akan semakin terjaga. Lewat platform mobile security tersebut, smartphone Samsung Galaxy S20 ini aman dari pencurian data, baik dari sistem software maupun hardware.

Apalagi, Samsung juga akan menghadirkan game ekslusif yang akan dirilis juga di smartphone Samsung Galaxy S20. Game bernama Forza Street ini merupakan game balapan dari Microsoft. Forza terkenal akan grafisnya sehingga akan lebih nyaman dimainkan di smartphone Samsung Galaxy S20 yang punya performa tangguh.

Tidak hanya itu, smartphone Samsung Galaxy S20 juga dibekali dengan non-removable Li-Po 4000 mAh battery serta fitur fast battery charging 25W. Dibanderol dengan harga Rp 12.999.000, smartphone Samsung Galaxy S20 sudah mulai dapat dipesan secara pre-order.

SUMBER: Jawapos.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here