Dukung KRB jadi Warisan Dunia, Pemkot Bogor Mulai Bebenah

  • Whatsapp

BOGOR DAILY- Pemerintah Kota Bogor tengah fokus dalam menguatkan identitas Kebun Raya Bogor untuk menjadi warisan dunia. Hal itu diungkap Wali Kota Bogor, Bima Arya, dalam Talkshow 500 Tahun Spirit Konservasi Tumbuhan Batutulis hingga Kebun Raya Bogor, di Bentara Budaya Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Namun, lanjutnya, tentunya tak terlepas dengan kondisinya saat ini yang menuju Kota Pusaka, Kota Cerdas, dan Kota Hijau. “Kita berkolaborasi dengan Kebon Raya, LIPI, untuk menguatkan identitas Kebun Raya dengan Kota Bogor, Haritage Kota Pusaka, Smart Ccity, dan Green City,” katanya.

Read More

Saat ini Kebun Raya Bogor tengah berjuang agar dokumen nominasi untuk dikirim ke UNESCO serta sosialisasi kepada publik bahwa Kebun Raya Bogor telah tercantum di dalam Tentative List UNESCO World Heritage Site. “Kebun Raya ini tengah berjuang untuk mendapatkan World Haritage.

Persyaratannya banyak, tapi kami optimistis dan berjuang bisa lengkapi itu,” katanya.
Selain itu, penataan Kebun Raya Bogor harus sinkron dengan Kota Bogor. Sehingga kedepan, bukan hanya penataam fisik saja yang dilakukan, tapi juga penataan sejarah Kebun Raya Bogor.

“Kita ingin tahu betul Kebun Raya Bogor ini 200 tahun atau satu abad atau jangan-jangan sudah lima abad. Makannya, perlu kolaborasi riset baik Pemkot Bogor, LIPI, dan Kebun Raya,” paparnya.

Dari segi penataan, Pemkot Bogor berusaha melakukan penataan fisik di luar Kebun Raya. Di lain sisi, pihaknya terus mengenjot selama dua tahun ini untuk menaturalisasi Sungai Ciliwung di antaranya yang membelah Istana dan Kebun Raya.

“Kita sudah punya Perwali untuk cagar budaya. Artinya titik itu akan kita jaga. Program naturalisasi Sungai Ciliwung, arahnya ke situ juga. Makanya dua tahun terakhir kita fokus pada naturalisasi Sungai Ciliwung,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Arya juga mengungkapan, akan mendorong berbagai program milenial dapat digelar di Kebun Raya Bogor. Sehingga Kebun Raya Bogor tidak hanya sebagai tempat aktifitas olahraga, namun juga akan ada program Safari Night.

“Kita juga akan membuat event untuk kalangan milenial nanti kita akan koordinasikan dengan Dinas Pendidikan,” ucapnya.

sumber: Tribunnews Bogor

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *