Thursday, 25 April 2024
HomeKabupaten BogorLima Perintah Jokowi Untuk Perkuat Penanggulangan Bencana

Lima Perintah Jokowi Untuk Perkuat Penanggulangan Bencana

BOGORDAILY – Dalam upaya memperkuat penanggulangan bencana yang terjadi belakangan ini di Indonesia, membuat Presiden RI, Joko Widodo, memberikan lima perintah saat forum rakernas PB 2020 Selasa (4/2/2020) kemarin yang dilaksanakan di SICC, Sentul Bogor.

Pertama, Seluruh instansi pemerintah pusat dan daerah harus bersama-sama, bersinergi untuk upaya pencegahan, mitigasi dan meningkatkan kesiapsiagaan. Pemerintah daerah perlu melakukan pengendalian tata ruang berbasis pengurangan risiko bencana.

“Sigap terhadap potensi ancaman bahaya sesuai dengan karakteristik wilayah, baik geologi, vulkanologi, limbah, hidrometeorologi, biologi, pencemaran lingkungan,” kata mantan Gubernur DKI Jakarta itu saat sambutannya.

Kedua, setiap gubernur, bupati dan walikota harus segera, segera menyusun rencana kontinjensi termasuk penyediaan sarana dan prasarana kesiapsiagaan yang dapat betul-betul dilaksanakan semua pihak dan harus siap menangani bencana secara tuntas.

Ketiga, penanggulangan bencana harus dilaksanakan dengan pendekatan kolaboratif, ‘Pentahelix' yaitu kolaborasi antara unsur pemerintah, akademisi dan peneliti, dunia usaha, masyarakat, serta dukungan media massa untuk dapat menyampaikan pemberitaan kepada publik.

Keempat, Pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus meningkatkan kepemimpinan dan pengembangan sumberdaya manusia yang handal dalam penanggulangan bencana, penataan kelembagaan yang mumpuni, termasuk program dan anggaran yang harus ditingkatkan sesuai prioritas RPJMN 2020-2024.

“Kelima, Panglima TNI dan Kapolri agar turut serta dalam mendukung upaya penanggulangan bencana termasuk penegakan hukum. Pengerahan dan dukungan secara nasional hingga ke tataran daerah yang dapat bersinergi dengan baik bersama pemerintah pusat dan daerah,” tukasnya.

Sementara itu, Menteri Sosial Juliari P. Batubara, mengatakan, berharap agar Rancangan Undang-undang (RUU) Penanggulangan Bencana segera dibahas bersama DPR RI.

Menurutnya, substansi penting yang diatur dalam RUU tersebut pada penguatan sistem atau manajeman penanggulangan bencana.

“Di dalamnya diatur dan diperkuat sistem penanggulangan bencana. Yakni bagaimana menangani sebelum, darurat bencana dan pascabencana, antar pihak terkait secara terkoordinasi,” katanya.

RUU ini lebih konsern kepada pendekatan sistem dan proses. Dimana dalam manajemen penanganan bencana akan diatur mulai dari pencegahan, mitigasi, siaga darurat, tanggap darurat, transisi darurat, sampai tahap rekonstruksi dan rehabilitasi, menjadi suatu sistem yang berjalan terkoordinasi dari pusat sampai ke daerah.

“Demikian pentingnya substansi yang diatur dalam undang-undang ini, maka kehadirannya sangat ditunggu. Kami ada kebutuhan, pada tahun ini pula, RUU ini bisa disahkan,” tukasnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here