Friday, 17 May 2024
HomeNasionalWNA China Dilarang Masuk Indonesia

WNA China Dilarang Masuk Indonesia

BOGORDAILY-Pemerintah secara resmi melarang warga negara China untuk masuk dan transit ke Indonesia hingga korban tewas akibat yang telah mencapai 304 orang mengisi kabar internasional, Senin (3/2).

Menteri Luar Negeri Retno Marsui mengatakan pemerintah Indonesia secara resmi melarang pemegang paspor China masuk dan transit ke kawasan Indonesia di tengah wabah . Larangan tersebut juga berlaku untuk warga negara asing yang melakukan perjalanan ke Negeri Tirai Bambu dalam 14 hari terakhir.

“Semua pendatang yg tiba dari China daratan dan sudah berada di sana selama 14 hari, untuk sementara tidak diizinkan untuk masuk dan melakukan transit di Indonesia,” terang Retno usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2).

Tak hanya itu, Retno juga mengatakan pemberian fasilitas bebas visa untuk warga negara China untuk sementara juga dihentikan.

“Kebijakan pemberian fasilitas bebas visa kunjungan dan visa on arrival, untuk warga negara RRC dan yang bertempat tinggal di China daratan untuk sementara dihentikan,” tambahnya.

Filipina Laporkan Korban Tewas Pertama Akibat

Pemerintah Filipina resmi melaporkan korban meninggal pertama akibat . Korban tersebut juga menjadi yang pertama berasal dari luar China.

Kementerian Kesehatan Filipina mengatakan warga China dari Wuhan masuk rumah sakit pada 25 Januari karena demam, batuk dan radang tenggorokan. Pria berusia 44 tahun tersebut kemudian mengalami pneumonia akut.

“Dalam hari-hari terakhir, pasien dalam kondisi stabil dan menunjukkan perkembangan. Tapi kondisi pasien memburuk dalam 24 jam terakhir yang mengakibatkan kematian,” tulis Kementerian Kesehatan Filipina seperti dilansir Associates Press.

Salah satu rekan yang menemani pasien pria tersebut dan juga berasal dari Wuhan juga dinyatakan positif mengidap . Perempuan berusia 38 tahun tersebut kini masih berada di ruang isolasi sebuah rumah sakit di Manila. Ia juga menjadi kasus kedua di Filipina.

Korban Tewas 304 Orang, 14 Ribu Terinfeksi

Komisi Kesehatan Nasional China mencatat korban meninggal dunia akibat wabah mencapai 304 orang hingga Minggu (2/2). Sejauh ini, belum ada laporan korban meninggal dunia di luar China.

Mayoritas korban meninggal dunia berasal dari Wuhan, Provinsi Hubei yang merupakan pusat penyebaran . Tercatat korban tewas akibat di Wuhan bertambah 45 orang, total 294 korban dari provinsi Hubei.

Seperti dilansir CNN, jumlah penyebaran bertambah 2.590 kasus menjadi 14.380.

Sementara itu, lebih dari 140 kasus terkonfirmasi di luar lebih dari 20 negara di luar China, termasuk Amerika, Eropa, Asia, Australia, dan Timur Tengah.

Beberapa kasus bahkan melibatkan orang yang tak datang dari China, mengindikasikan ada infeksi akibat kontak antar-manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here