Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaBatalyon Kesehatan Marinir Ditugaskan ke Wisma Atlet, Usai Kawal WNI dari Wuhan

Batalyon Kesehatan Marinir Ditugaskan ke Wisma Atlet, Usai Kawal WNI dari Wuhan

BOGORDAILY – Pengabdian Korps Marinir TNI AL bagi Tanah Air tak pernah berhenti. Di saat pandemi Corona terjadi, korps baret ungu ini berkali-kali mendapat tugas untuk menyelamatkan warga negara Indonesia (WNI).

Mereka telah melaksanakan tugas kemanusiaan mengawal WNI dari Wuhan dan dari Kapal MV World Dream dan MV Diamond Princess di Pulau Sebaru Kepulauan Seribu.

“Selanjutnya Dua Puluh Prajurit 2 Marinir Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir Pasmar 2 Surabaya kembali dipercaya untuk tugas mendukung kegiatan Observasi dan Perawatan Pasien COVID-19 di Wisma Atlet Kemayoran Jakarta,” tulis Pusat Penerangan TNI di akun media sosial resmi, Senin (23/3).

Para tenaga kesehatan TNI itu akan menjadi garda terdepan dalam memerangi virus Corona. Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto sebelumnya telah meninjau sekaligus mengecek kesiapan di Wisma Atlet itu.

Panglima menyampaikan Wisma Atlet Kemayoran siap dijadikan sebagai Rumah Sakit Darurat Penanganan untuk menampung pasien Virus Corona atau Covid-19. Sarana-sarana lain terus dilengkapi.

“Rumah Sakit ini dapat menampung kurang lebih 2.500 pasien dan tentunya akan diklasifikasi, mana yang harus masuk di ruang isolasi dan ruang observasi,” kata Hadi.
Ada beberapa gedung yang sudah di-upgrade menjadi tempat perawatan pasien Covid-19, di antaranya ada empat gedung. Khusus gedung atau tower 6 dan 7 dilengkapi peralatan seperti laboratorium dan ruang radiologi akan digunakan untuk menerima pasien yang diindikasi positif kemudian dilakukan pemeriksaan.

Di tower 6 dan 7 tersebut juga telah disiapkan ruang isolasi (ICU maupun non ICU) untuk merawat pasien Corona. Semua ruangan dilengkapi dengan AC dan telah dimodifikasi bertekanan negatif. Setelah dicek, semua peralatan sudah lengkap dan diharapkan segera mungkin bisa dioperasionalkan untuk perawatan bagi yang terjangkit Covid-19.

“Untuk pendukung medis telah disiapkan ruangan di tower 3. Para tenaga medis terdiri dari tenaga medis TNI, Polri, BUMN termasuk dari rumah sakit swasta dan kelompok yang memiliki kemampuan untuk memberikan tenaganya terkait dengan perawatan Covid-19,” lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here