Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaBikin Hand Sanitizer Sendiri, Pemkot Surabaya akan Membagikan ke Masyarakat

Bikin Hand Sanitizer Sendiri, Pemkot Surabaya akan Membagikan ke Masyarakat

BOGORDAILY – Kelangkaan  di pasaran membuat Pemkot Surabaya membuat secara mandiri. Ini untuk meminimalisir penularan virus dan bakteri atau virus corona. itu akan dibagikan gratis ke masyarakat.

itu diciptakan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya. Pembuatan itu dilakukan untuk mengatasi kelangkaan produk antiseptik yang saat ini langka di pasaran.

Kadinkes Kota Surabaya, Febria Rachmanita mengatakan pihaknya telah memproduksi 875 liter cairan . Pembuatan dilakukan RSUD dr Soewandhi oleh tim ahli farmasi sejak awal Maret. Dan sudah berkoordinasi dengan BPOM.

“Waktu itu awal produksinya 50 liter, terus nambah 100 liter dan 200 liter. Ini 875 liter,” kata kadinkes di Balai Kota Surabaya, Selasa (17/3/2020).

Rencananya akan dibagikan untuk fasilitas umum dan di lingkungan Pemkot Surabaya. Selain itu,  ini tidak diperjualbelikan dan diberikan secara gratis.

“Ini akan dibagikan kepada yang membutuhkan secara gratis. Tadi dibagikan terminal, stasiun, bus-bus, rencana ojol dan Damri,” tambahnya.

Sementara komposisi yang digunakan untuk membuat yakni alkohol 96 persen, H20 sebanyak 3 persen, Glycerol, dan Aquadest Ad. Komposisi ini sesuai dengan formula yang direkomendasi oleh WHO.

“Sesuai dengan WHO dan kita sudah uji klinis tidak ada virus dan bakteri,” ujar Febri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here