Friday, 26 April 2024
HomeBeritaBuwas Pastikan Stok Beras untuk Puasa dan Lebaran Cukup

Buwas Pastikan Stok Beras untuk Puasa dan Lebaran Cukup

BOGOR DAILY-  Direktur Utama Perum  Budi Waseso atau Buwas memastikan untuk Idul Fitri 2020 aman. Pihaknya saat ini berkeliling ke seluruh beberapa tempat di Indonesia, untuk mengecek persediaan beras.

“Saya hari ini cek langsung ke beberapa tempat khususnya di Jawa Barat bahwa jelang puasa dan Lebaran, cukup,” kata Buwas di Gudang Gedebage, Bandung, Selasa (3/2/2020).

Ia mengungkapkan, cukup dan pada Bulan April mendatang karena petani akan melakukan panen raya.

“Kita masih ada 1,7 juta ton untuk beras medium dan 170 ribu ton beras premium. Berarti kita masih banyak beras dan paling lambat itu dua bulan lagi sudah mulai panen. Hampir di seluruh Indonesia beras akan panen, akan banyak menjual beras ini, sehingga nanti kita bisa menyerap lagi Bulan April. Target kita kita menyerap 1,7 juta ton,” ungkapnya.

Menurutnya, beras itu akan terserap sebanyak 500 ribu ton dan akan menyisakan stok sekitar 1,2 juta ton dan bila ditambah 1,7 juta ton beras hasil panen Bulan April, maka akan ada 2,9 juta ton .

“Ada 2,9 juta ton, nanti untuk Bulan April dan selanjutnya,” ujarnya.

Budi menyebut, diperkirakan Bulan Juli-Agustus, akan ada panen lagi dan yang akan diserap lagi.

“Berarti kita aman, sangat aman dan kita sampai saat ini, sudah dua tahun ini kita tidak impor beras, kita gunakan beras-beras dari produksi lokal,” jelasnya.

Budi kembali menegaskan, jelang puasa dan lebaran stok beras aman. “Sangat aman, bagi masyarakat seluruh warga Indonesia jangan khawatir, kita pada prinsipnya beras diseluruh gudang di Indonesia ini aman,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here