Sunday, 12 May 2024
HomeKota BogorDirektur LSM BMH Minta Pemkot Bogor Penuhi Kebutuhan Masyarakat

Direktur LSM BMH Minta Pemkot Bogor Penuhi Kebutuhan Masyarakat

BOGORDAILY – Direktur Lembaga Swadaya Masyarakat, Barisan Monitoring Hukum (LSM BMH) Irianto, meminta Pelaksana Tugas (Plt). Walikota Bogor Deddie Rachim, agar segera bertindak cepat mengatasi kebutuhan masyarakat. Hal itu untuk menyikapi keluhan akibat tidak ada pemasukan masyarakat selama tinggal di rumah.

“Jika beralasan kendala anggaran. Subsidi bagi masyarakat bisa dengan mengalihkan dana proyek infrastruktur pembangunan,” ujar Irianto, Selasa (24/3/20).

Menurutnya, Pemkota Bogor jangan hanya memerintahkan masyarakat agar tinggal dirumah saja. Sedangkan pemerintah tidak memikirkan resiko kebutuhan yang harus ditanggung masyarakat selama di rumah.

“Plt. Walikota Bogor, harus segera mengalihkan dana pembangunan infrastruktur Kota Bogor, untuk mensubsidi kebutuhan hidup masyarakat selama tinggal dirumah” tegas Irianto.

Irianto menegaskan, pemerintah tidak bisa sekadar menyuruh masyarakat tinggal di dalam rumah selama dua pekan. Sementara kebutuhannya tidak dijamin. Mencari kebutuhan makan biaya tinggi, Mall dianjurkan ditutup.

“Justeru masyarakat akan mati kelaparan” ucapnya.

Oleh karena itu, pemerintah harus melakukan langkah terbaik bagi masyarakat. Minimal, kata Irianto, ada solusi untuk mengatasi kebutuhan masyarakat. Menurutnya Plt Walikota Deddie Rachim, harus segera penyediaan kebutuhan hidup masyarakat Kota Bogor. Bila perlu dengan mengalihkan dana pembangunan proyek infrasrtruktur yang sudah dianggarkan.

“Pembangunan infrastruktur kan bisa diulang tahun depan,” cetus Irianto.

Ditegaskan, masalah Corona bukan peristiwa lokal, tetapi sudah mendunia. Pemerintah jangan hanya bisa menghimbau masyartakat untuk diam dirumah saja, tetapi harus ada tindakan nyata menyelamatakan masyarakat secara ekonomi maupun psikologis. Pengalihan anggaran untuk kepentingan masyarakat rasanya tidak ada salah. Ini emergency sudah masalah dunia.
“Virus Corona dicegah dengan berbagai cara, tetapi mentalitas masyarakat nya tidak diperhatikan itukan sama juga dengan pekerjaan yang sia-sia” katanya. (bdn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here