Friday, 17 May 2024
HomeBerita569 Ribu TKI Bakal Pulang Kampung Lewat Sumut, DPRD: Wajib Diisolasi!

569 Ribu TKI Bakal Pulang Kampung Lewat Sumut, DPRD: Wajib Diisolasi!

BOGORDAILY – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengatakan ada 569 ribu orang yang bakal pulang kampung (mudik) lewat Pelabuhan di Tanjungbalai. Pimpinan DPRD Sumut, Salman Alfarisi, meminta seluruh itu diisolasi selama 14 hari.

“Prosedur penanggulangan COVID-19 harus dijalankan secara standar. Jangan sampai ada kelonggaran-kelonggaran. Harus ketat,” kata Salman, Kamis (23/4/2020).

Dia meminta Pemprov tidak menyerahkan urusan pemeriksaan dan kewajiban karantina para ke aparat desa ataupun Kabupaten/Kota masing-masing. Dia menilai Pemprov Sumut harus langsung turun tangan melakukan pemeriksaan dan isolasi terhadap para ini.

“Kalau ada mudik sebanyak itu dan pemerintah provinsi nggak mampu mencegah kehadiran pemudik itu di Sumatera Utara, maka prosedurnya harus bisa meyakinkan warga Sumatera Utara sehingga mereka itu tidak menularkan, kalau seandainya ada terjangkit, tidak menularkan virus itu ke warga Sumatera Utara. prosedur itu jangan diserahkan kepada aparatur desa ataupun pemerintah kabupaten/kota harus ada juga prosedur yang dilakukan pemerintah provinsi,” ujar politikus PKS ini.

Salman meminta Pemprov menyiapkan lokasi karantina bagi yang baru pulang itu. Setelah para diyakini sehat, maka Pemprov bisa memulangkan mereka ke daerah asal masing-masing.

“Pemerintah Provinsi Sumatera Utara harus menyediakan tempat untuk isolasi selama 14 hari kepada para pemudik itu dan meyakinkan setelah 14 hari baru bisa kembali ke kampung masing-masing,” ucapnya.

Sebelumnya, Edy Rahmayadi mengatakan ada 569 ribu dari Malaysia akan pulang kampung ke Tanah Air melalui Sumut. Dia meminta bantuan aparat TNI-Polri untuk turut mengawal kedatangan para ini untuk mengantisipasi kerepotan yang dapat terjadi.

“Ini yang harus kita antisipasi, akan masuk sebanyak 569 ribu dari Malaysia. ini dari seluruh Indonesia. Mereka minta buka dari Pelabuhan Teluk Nibung, Tanjungbalai,” tutur Edy saat mengikuti Operasi Aman Nusa II Toba Penanggulangan COVID-19 di Medan, Rabu (22/4).

Dia juga mewanti-wanti para TKI ilegal yang masuk dari pelabuhan tikus. Dia meminta aparat menjaga ketat jalur masuk ke Sumut demi mencegah warga yang masuk secara ilegal ke Sumut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here