Wednesday, 24 April 2024
HomeKabupaten BogorBupati Bogor Siapkan Anggarkan Rp457 Miliar untuk Korona dan Bencana

Bupati Bogor Siapkan Anggarkan Rp457 Miliar untuk Korona dan Bencana

BOGOR DAILY – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, membuktikan keseriusan dalam penanganan Virus Korona atau Covid-19, dan penanganan rehabilitasi pasca bencana alam di Bumi Tegar Beriman yang terjadi pada tanggal 1 Januari 2020 lalu, dengan menganggarkan Rp457 Miliar.

Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Rudy Susmanto, sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bogor, atas keseriusan dalam penanganan Covid-19 dan penanganan rehabilitasi pasca bencana di Bumi Tegar Beriman pada awal tahun 2020.

“Kami berterimakasih kepada Pemkab Bogor, dengan menganggarkan Rp457 Miliar. Di situ poinnya bukan hanya untuk Covid-19 saja, akan tetapi ada juga untuk pengungsi di wilayah Bogor Barat yang terkena dampak bencana,” katanya kepada wartawan ketika ditemui di kantor DPRD Kabupaten Bogor, Jumat (3/4/2020).

Menurut politisi Gerindra ini, anggaran Rp457 miliar itu tentunya bukan hanya untuk Covid-19 dan penanganan pasca bencana saja. Akan tetapi, ada juga untuk bantuan masyarakat miskin yang sesuai dengan Program Keluarga Harapan (PKH).

“Itu juga dianggarkan untuk masyarakat miskin sesuai PKH dan yang jatuh usahanya, itu semuanya ditangani oleh Dinas Kesehatan Sosial Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Menurutnya, anggaran sebesar Rp457 miliar itu tentunya harus bisa dicairkan pada Minggu depan. Karena, hal itu masuk dalam Bantuan Tidak Terduga (BTT).

“Itu mayoritas untuk Covid-19. Tapi, ada juga untuk bantuan langsung atau sosial, bantuan huntara. Cuma dimulainya kapan itu kembali lagi di pimpinan daerah. Tapi, intinya kita berterimakasih kepada pemerintah yang sudah serius,” tukasnya.

Hal senada juga diutarakan oleh Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Bogor, Usep Supratman. Menurutnya, hal tersebut merupakan anggaran parsial yang sudah disiapkan oleh Pemkab Bogor.

“Kita juga ini bukan hanya memikirkan Covid-19 saja. Tapi, kita juga harus memikirkan pasca bencana yang terjadi di wilayah Bogor Barat, kalau huntap belum selesai dirinya meminta agar direalisasikan huntara saja,” ucapnya.

Hal senada juga diutarakan Wakil Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Bogor, Aan Triana Al Muharom. Dirinya meminta, agar Pemkab Bogor segera merealisasikan Hunian Sementara (Huntara) sebelum bulan Ramadhan.

“Kita apresiasi, secepatnya segera dialokasikan sebelum puasa bisa diterapkan Huntara. Prinsipnya semuanya bisa di buat Huntara atau Huntap. Memang bicara Sukajaya merupakan zona merah, tapi kan masih banyak juga lokasi yang aman, jangan sampai pas bulan Ramadhan masyarakat masih tinggal di pengungsian,” pintanya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here