Monday, 27 May 2024
HomeBeritaIzinkan Salat Id di Masjid Al Akbar, Muhammadiyah Jatim Menyebut Pemprov Plinplan

Izinkan Salat Id di Masjid Al Akbar, Muhammadiyah Jatim Menyebut Pemprov Plinplan

BOGORDAILY – Pengurus Wilayah (PW) menyayangkan kebijakan pemprov, yang memperbolehkan salat Id di Masjid Al Akbar Surabaya di tengah pandemi Corona. Kebijakan itu dinilai sebagai sikap yang plinplan.

Pernyataan itu diungkapkan Wakil Ketua PWM Jatim, Nadjib Hamid saat menanggapi surat edaran Sekretaris Daerah Provinsi Jatim nomor 451/7809/012/2020.

“Itu kami sayangkan, jadi kita ini menetapkan PSBB (pembatasan sosial berskala besar) tapi kok juga memberi kelonggaran. Ya itu sikap yang menurut saya plinplan lah,” kata Najib di Surabaya, (18/5/2020).

Najib menilai, sikap Pemprov Jatim tak konsisten soal aturan pembatasan pada kegiatan keagamaan. Menurutnya, ini bisa membuat masyarakat bingung.

“Itu sikap yang nggak konsisten, harusnya masyarakat jangan dibuat bingung. Kita ingin segera sirna Corona dengan cara semua istiqomah (konsisten), menyikapi semua secara sama. Jangan plinplan, di tengah jalan boleh dan tidak boleh,” paparnya.

“Kita ini mau apa sebenarnya, kalau dampaknya masih segini, terus berharap (pandemi) segara berakhir, kapan berakhirnya?” imbuh Najib.

Najib menambahkan, PW Muhammadiyah telah berkomitmen dan konsisten, salat Id tahun ini akan digelar di rumah masing-masing. Sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan berbagai macam kajian.

“Kami ini komitmen sesuai dengan hasil kajian, dan data-data dari pemerintah, yang di mana-mana (COVID-19) terus meningkat. Maka PP Muhammadiyah sudah menetapkan bahwa (salat) Idul Fitri tahun ini dilaksanakan di rumah. Komitmen itu agar tidak menimbulkan bahaya bagi dirinya dan orang lain,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here