Friday, 29 March 2024
HomeBeritaJokowi: Apabila Efektif Pelaksanaan New Normal Akan Diperluas

Jokowi: Apabila Efektif Pelaksanaan New Normal Akan Diperluas

BOGORDAILY – Pemerintah tengah menyiapkan pelaksanaan tatanan normal baru atau ‘new normal' di tengah masa pandemi virus Corona (COVID-19). Persiapan dilakukan di 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota. Presiden  ingin memperluas pelaksanaan ‘new normal' jika dirasa efektif.

“Apabila ini nanti efektif, kita akan gelar, kita perluas lagi, kita lebarkan lagi ke provinsi yang lain, dan kabupaten dan kota yang lain,” kata dalam rapat terbatas ‘Persiapan Pelaksanaan Protokol Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman COVID-19' di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Rabu (27/5/2020).

Aparat TNI dan Polri dilibatkan dalam persiapan pelaksanaan ‘new normal'. ‘New normal' diberlakukan di stasiun hingga pusat niaga.

“Kemarin sudah kita mulai, sudah digelar pasukan aparat dari TNI dan Polri yang diterjunkan ke lapangan, ke titik-titik keramaian di 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota dalam rangka persiapan pelaksanaan tatanan normal baru yang akan kita lihat dari angka-angka dan fakta di lapangan yang kaitannya dengan R0 dan Rt,” ujar .

juga meminta protokol adaptasi ‘new normal' disosialisasikan secara masif ke masyarakat. Harapannya, masyarakat mengetahui memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Saya minta protokol adaptasi tatanan normal baru ini yang sudah disiapkan Kemenkes disosialisasikan masif ke masyarakat sehingga masyarakat tahu apa yang dikerjakan,” ucapnya.

Adaptasi protokol ‘new normal' diberlakukan di Provinsi Jabar, DKI Jakarta, Sumbar, dan Gorontalo. Sedangkan ini 25 kabupaten/kota yang tengah dalam persiapan new normal:

1. Kota Pekanbaru
2. Kota Dumai
3. Kabupaten Kampar
4. Kabupaten Pelalawan
5. Kabupaten Siak
6. Kabupaten Bengkalis
7. Kota Palembang
8. Kota Prabumulih
9. Kota Tangerang
10. Kota Tangerang Selatan
11. Kabupaten Tangerang
12. Kota Tegal
13. Kota Surabaya
14. Kota Malang
15. Kota Batu
16. Kabupaten Sidoarjo
17. Kabupaten Gresik
18. Kabupaten Malang
19. Kota Palangkaraya
20. Kota Tarakan
21. Kota Banjarmasin
22. Kota Banjar Baru
23. Kabupaten Banjar
24. Kabupaten Barito Kuala
25. Kabupaten Buol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here