Wednesday, 15 May 2024
HomeBeritaPemkab Bogor Potong Belanja Modal Daerah Tahun 2020 Akibat Covid-19

Pemkab Bogor Potong Belanja Modal Daerah Tahun 2020 Akibat Covid-19

BOGOR DAILY – Pemerintah Kabupaten Bogor akan potong 50 persen belanja modal pada pertengahan tahun 2020. Hal itu diusulkan oleh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dalam perubahan anggaran parsial tiga.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Syarifah Sopiah mengatakan, Pemkab Bogor akan mengubah semua pendapatan daerah pada tahun 2020.

“Itu dari belanja modal yaitu, sebanyak 50 persen harus dikurangi. Diminta SKPD yang mengusulkan mana yang dikurangi,” katanya kepada wartawan, ditemui usai rapat dengan DPRD Kabupaten Bogor, Selasa (12/5/2020).

Menurutnya, alasan dari pemangkasan anggaran ini adalah akibat efek dari pandemi Virus Korona Covid-19, di mana potensi pendapatan daerah, terutama dari pajak dan retribusi merosot hingga 47 persen.

“Akibat kita nggak ada uang. Ada penurunan pajak, retibusi yang masuk. Jadi kita harus membatasi pengeluaran,” jelasnya.

Sementara itu, Anggota Komisi II DPRD Kabupaten Bogor, Beben Suhendar, mengatakan, potensi pendapatan daerah Kabupaten Bogor akan menurun hingga 47 persen pada 2020. Sehingga membutuhkan stimulus untuk pembangunan dan pemulihan ekonomi pada 2021.

“Tahun 2021, untuk kegiatan besar, jangan mengandalkan APBD. Karena tidak akan mencukupi karena pendapatan kita sudah merosot,” singkatnya. (Andi).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here