Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWamenag Mengimbau Takbiran Sambut Idul Fitri di Rumah Saja

Wamenag Mengimbau Takbiran Sambut Idul Fitri di Rumah Saja

BOGORDAILY – Umat Islam segera meninggalkan Bulan Ramadan dan menyambut datangnya 1441 H. Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid, mengajak seluruh umat Islam untuk mengisi malam 1441 H dengan mengumandangkan takbir, tahmid dan tasbih sebagai rasa syukur kepada Allah SWT setelah melaksanakan ibadah puasa Ramadan sebulan penuh.

“Dan hendaklah kamu mencukupkan bilangannya (puasa) dan hendaklah kamu mengagungkan Allah (takbir) atas petunjuk-Nya yang diberikan kepadamu, supaya kamu bersyukur., (QS Al-Baqarah 185),” tulis Wamenag Zainut lewat siaran pers diterima, Jumat (22/5).

Wamenag Zainut menjelaskan, ayat tersebut menjelaskan, ketika orang sudah selesai menjalankan ibadah puasa Ramadan, maka disyariatkan untuk mengagungkan Allah dengan bertakbir. Atas dasar ayat tersebut, sebagian ulama membolehkan takbiran di masjid, musala dan tempat-tempat lainnya.

“Menggemakan takbir pada malam merupakan salah satu amalan menghidupkan hari raya dan termasuk amalan istimewa sebagai penyempurna ibadah Ramadan,” jelas dia.

Tetapi, kata Zainut, mengingat kondisi saat ini sedang terjadi pandemi Covid-19, dia menganjurkan kumandang takbir dilakukan di rumah masing-masing demi menjaga keselamatan jiwa.

“Namun di saat terjadi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini kami menganjurkan untuk dilaksanakan di rumahnya masing-masing demi menjaga keselamatan jiwa kita semuanya,” kata Zainut melalui pesan singkat, Jumat (22/5).

Dia menambahkan, gema takbir di masjid, musala dan surau harus tetap dikumandangkan. Hal tersebut untuk menjaga syiar agama.

“Tetapi hanya dilakukan oleh 1 atau 2 orang saja,” kata Zainut.

Terakhir, Wamenag Zainut menambahkan, satu hal yang tidak boleh dilupakan adalah giat menunaikan kewajiban zakat fitrah sebelum dilaksanakannya shalat . Zakat fitrah hukumnya wajib bagi setiap pribadi muslim. Hal ini bertujuan untuk menyucikan jiwa dan sebagai bentuk kepedulian berbagi terhadap sesama manusia di hari raya.

“Sekali lagi kami mengajak kepada kaum muslimin semuanya untuk melaksanakan Salat di rumah masing-masing bersama keluarga, demi menjaga keselamatan jiwa kita semuanya. Selamat hari raya 1441 H, mohon maaf lahir batin dan semoga Allah SWT merahmati dan meridloi kita semuanya,” kata Zainut menyudahi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here